Samsung dan Apple Kuasai Pasar Tablet di Q3 2024, Huawei Tergeser ke Nomor 4

Samsung Tab S10
Sumber :

VIVAJabar – Dunia gadget saat ini sedang berperang dalam hal penjualan dan pemasaran.

Samsung dan Apple dikabarkan menguasai pasar tablet dunia di kuartal ketiga tahun 2024.

Menurut Firma riset International Data Corporation (IDC) Samsung dan Apple memimpin pasar tablet pada kuartal ketiga 2024. 

Selama periode Juli hingga September, kedua vendor tablet terbesar itu telah mengirim tablet di seluruh dunia dan mengalami pertumbuhan sebanyak 20,4 persen secara YoY. 

Apple diketahui saat ini sedang menguasai pasar dengan pengiriman 12,6 juta unit tablet.

Raksasa teknologi asal Cupertino, Amerika Serikat ini telah menguasai pangsa pasar sebanyak 31,7 persen. Namun secata YoY, pertumbuhan Apple hanya berada di angka 1,4 persen.

Samsung saat ini berada di peringkat kedua menyusul Apple dengan total pengiriman tanlet 7,1 juta unit pada Q3 2024. 

Perusahaan raksasa asal Korea Selatan ini meningkat dalam pertumbuhan pasar sebesar 18,2 persen dibanding periode yang sama tahun lalu. 

Sementara itu, Amazon berada di peringkat ketiga dan Huawei di perinjat keempat, mereka bersaing cukup sengit dengan pengiriman 4,6 juta dan 3,3 juta unit tablet.

Amazon tercatat sebagai perusahan dengan pertumbuhan pasar tertinggi dibanding tahun lalu. 

Huawei telah menempati posisi kedua setelah Amazon dengan  pertumbuhan pasar YoY tertinggi.

Lenovo berada di peringkat kelima dengan pengiriman 3 juta unit. 

Secara total, pasar tablet global telah mengirim sebanyak 39,6 juta unit tablet pada Q3 2024.

Hal ini disebabkan karena banyaknya fitur baru yang dihadirkan oleh masing-masin vendor serta promosi yang cukup kencang sehingga pendongkrak penjualan tablet di pasar internasional. 

Pangsa pasar Amazon melonjak berkat Diskon Prime Day untuk tablet besutan mereka, Fire. 

Sementara itu, penjualan tablet Samsung cukup meningkat drastis herkat tablet entry-level, Galaxy Tab A9 series.

Saat ini setiap vendor tablet juga sangat gencar menghadirkan fitur baru seperti fitur AI sehingga mampu menarik perhatian konsumen di pasar global.

Fitur lain yang bisa menarik perhatian konsumen yaitu tablet yang menghadirkan konektivitas lintas persngkat, keperluan hiburan, pekerjaan, kesehatan, dan masih banyak lagi.