Sambut Hari Raya Idul Fitri, Indosat Rampungkan Integrasi Jaringan

Jelang Idul Fitri, Indosat Ooredoo Rampungkan Integrasi jaringan
Sumber :
  • viva.co.id

Jabar – Tinggal menghitung hari ummat islam akan merayakan hari kemenangan setelah sebulan penuh berpuasa menahan lapar dan dahaga. Perayaan hari Raya Idul Fitri tahun ini tampaknya akan lebih mariah. Pasalnya, beberapa program pemerintah diluncurkan untuk mendukung aktivitas berlibur dan berkumpul bersama keluarga.

Tidak ketinggalan, Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) turut serta memastikan kesiapannya untuk mendukung segala aktivitas mulai dark ibadah Ramadan, perjalanan mudik hingga berlibur bersama keluarga di momen Hari Kemenangan.

Upaya yang dilakukan Indosat untuk mengintegrasikan jaringannya dengan teknologi Multi Operator Core Network (MOCN) telah mencapai 100%. Hal tersebut dilakukan di lebih dari 46 ribu sites di seluruh Indonesia.

Diketahui, dengan dukungan dari para mitra yaitu Ericsson, Huawei, dan Nokia sebagai penyedia perangkat radio, serta mitra-mitra transmisi, core, infrastructure tower, fiber optic, dan lainnya, integrasi sites tersebut selesai sesuai target satu tahun, tepatnya di akhir Maret lalu.

Saat ini, seluruh pelanggan Indosat, baik IM3 maupun Tri, sudah dapat merasakan jangkauan jaringan yang lebih luas dengan tambahan lebih dari 700 kecamatan, kualitas layanan di dalam ruangan yang lebih baik untuk tambahan 32% populasi, serta pengalaman internet yang lebih cepat hingga dua kali lipat.

Integrasi jaringan ini juga menghasilkan Kecepatan unduh dan latensi yang lebih baik meningkatkan sekitar 20% pengalaman pelanggan untuk layanan utama seperti video streaming dan gaming. 

Vikram Sinha, selaku President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison, mengatakan Integrasi site itu tidak lain bertujuan untuk memberi pengalaman berselancar di Dunia maya lebih baik kepada pelanggan.

“Pengalaman pelanggan merupakan inti dari segala hal yang kami lakukan di Indosat. Seiring selesainya integrasi sites, kedua brand kini dapat memaksimalkan spektrum frekuensi yang ada untuk memberikan pengalaman yang mengesankan kepada seluruh pelanggan. Terlebih di momen Lebaran yang sebentar lagi dirasakan, kami memastikan bahwa Indosat telah siap mendukung tingginya kebutuhan telekomunikasi digital dengan layanan yang maksimal.”

Selanjutnya, Indosat memprediksi kenaikan trafik data tertinggi sekitar 20% dibandingkan hari biasa selama periode libur Lebaran tahun ini. Hal itu dikarenakan meningkatnya penggunaan aplikasi dan messaging berbasis video seperti YouTube, TikTok, Instagram, Facebook, dan WhatsApp.

Kemudian, Perusahaan telah mempersiapkan diri untuk mengantisipasi peningkatan tersebut, serta menambahkan kapasitas data lebih dari 30% untuk lonjakan trafik data harian. Hal ini merupakan bagian dari komitmen dan dukungan Indosat untuk memenuhi kebutuhan telekomunikasi digital pelanggan dalam menyambut hari raya Idul Fitri. 

Gun menghadapi peningkatan trafik pada hari libur lebaran itu, Indosat melakukan optimalisasi jaringan pada hampir 400 titik pusat keramaian di seluruh tanah air seperti destinasi wisata, pusat perbelanjaan, masjid, tempat peristirahatan, bandara, stasiun, terminal, dan pelabuhan.

Sementara itu, Sebagai upaya mengantisipasi mobilitas pelanggan ke kampung halaman, Indosat juga melakukan optimalisasi jaringan di 9 jalur kereta, 17 jalan tol termasuk tol Jakarta - Surabaya, dan 30 jalan non-tol seperti Padang - Bukit Tinggi dan Banjarmasin - Martapura.

Berdasarkan pengalaman di masa Ramadan dan Lebaran tahun sebelumnya, Indosat mengantisipasi peningkatan lalu lintas data tertinggi di area Jawa Barat, Banten, Sumatra Selatan, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Komitmen memberikan pengalaman telekomunikasi digital terbaik bagi pelanggan, semakin diperkuat dengan diaktifkannya command center fisik terpusat sejak H-3 Lebaran. Dengan dukungan lebih dari 2.000 petugas teknis yang bersiaga sepanjang waktu, tim Indosat Network Operation Center (INOC) dan Indosat Service Operation Center (ISOC) akan memantau ketersediaan dan kualitas jaringan secara nasional selama 24/7. Layanan pelanggan melalui berbagai saluran juga disiagakan untuk memberikan dukungan atas kendala yang mungkin dialami pelanggan selama masa liburan.

“Pada kesempatan ini, kami ingin menyampaikan terima kasih untuk dukungan para mitra strategis serta kepercayaan dan kesetiaan yang diberikan para pelanggan. Kami akan terus berkomitmen untuk menghadirkan pengalaman digital kelas dunia, menghubungkan, dan memberdayakan masyarakat Indonesia. Pengalaman digital pelanggan yang semakin baik akan membuka berbagai potensi pertumbuhan ekonomi digital Indonesia di masa depan,” pungkasnya.