Galaxy S25 Seri Tidak Akan Menggunakan Exynos AP: Adanya Masalah Produksi

Samsung S25
Sumber :
  • Nextpit

VIVAJabar – Samsung dikejutkan dengan kehadirannya dalam meluncurkan smartphone terbaru di 2025 mendatang yaitu seri Galaxy S25. Akan tetapi, kabar yang lebih mengejutkannya lagi muncul yaitu Samaung tidak akan menggunakan prosesor Exynos pada seri Galaxy S25 karena satu dan lain hal. 

Informasi ini diucapkan langsung oleh seorang analis terkemuka Ming-Chi Kuo dari TF International. 

Kuo mengungkapkan bahwa hal ini disebabkan oleh masalah produksi pada Samsung Foundry sehingga rendahnya hasil produksi chip Exynos 2500, yang rencananya akan digunakan pada Galaxy S25.

Dilansir dadi Phone Arena (19/6), Samsung awalnya berencana memakai prosesor Exynos 2500 untuk Galaxy S25 di sebagian besar pasar, kecuali di Amerika Serikat, China, dan Kanada. 

Di negara tersebut, Galaxy S25 dan Galaxy S25+ akan didukung prosesor Snapdragon 8 Gen 4 dari Qualcomm. Sedangkan untuk Galaxy S25 Ultra, semua unit di seluruh pasar akan menggunakan Snapdragon 8 Gen 4.

Namun, masalah pada proses produksi 3nm di Samsung Foundry membuat hasil produksi chip Exynos 2500 sangat rendah, pasokan chip menjadi terbatas.

Masalah ini memaksa Samsung untuk mempertimbangkan penggunaan prosesor Snapdragon 8 Gen 4 di semua model Galaxy S25. Langkah ini mungkin diperlukan untuk memastikan ketersediaan chipset yang cukup untuk mempertimbangkan tingginya permintaan pasar terhadap produk andalan terbaru mereka.