Ingin Baterai Laptop Awet? Jangan Sepelekan 7 Hal Ini!

Tips Membersihkan Keyboard Laptop
Sumber :
  • Freepik.com

VIVAJabar – Saat ini laptop sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari, baik untuk bekerja, belajar, maupun hiburan. Namun, ada satu komponen yang sering kali terabaikan hingga mengalami kerusakan, yaitu baterai. Padahal, baterai adalah nyawa dari sebuah laptop.

Banyak di antara kita yang sering melakukan kesalahan-kesalahan kecil yang bisa membuat baterai laptop cepat rusak. Berikut ini adalah beberapa kesalahan dalam pemakaian laptop yang sering diabaikan.

1. Menggunakan Laptop dengan Colokan Terpasang Terus-Menerus

Salah satu kesalahan umum yang sering dilakukan adalah menggunakan laptop dengan colokan terpasang terus-menerus. Mungkin kita berpikir bahwa dengan cara ini, baterai akan selalu penuh dan siap digunakan. Namun, kebiasaan ini justru bisa merusak baterai dalam jangka panjang. Baterai lithium-ion yang biasanya digunakan pada laptop modern memiliki batasan siklus pengisian. Jika baterai terus-menerus dalam kondisi penuh, siklus tersebut akan cepat habis.

2. Membiarkan Baterai Habis Total

Sebaliknya, membiarkan baterai habis total sebelum diisi ulang juga tidak baik. Baterai lithium-ion memiliki tingkat optimal pengisian yang berada di antara 20% hingga 80%. Jika kita sering membiarkan baterai habis total, itu bisa mengurangi kapasitas maksimal baterai secara signifikan.

3. Menggunakan Charger yang Tidak Sesuai