Hasto Beberkan Skenario Terburuk Bila Israel ke Piala Dunia U-20 di Indonesia

Hasto Kristiyanto, Sekjend PDI Perjuangan
Sumber :
  • Berbagai Sumber

Jabar – Seperti yang diketahui, FIFA telah membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20. Pembatalan tersebut disinyalir karena adanya penolakan dari berbagai kalangan terhadap kehadiran Timnas Israel U-20 ke Indonesia.

Disamping itu, Sekjend PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto membeberkan sebuah skenario apabila dipaksakan israel bertamu ke tanah air untuk main di Piala Dunia U-20.

Salah satu skenario terburuk yang Alan terjadi, menurut Hasto, apabila Israel ke Indonesia adalah impeachment atau pemakzulan terhadap Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

"Skenario terburuk ketika U-20 berlangsung dengan kehadiran Israel, berbagai gangguan keamanan, bahkan bisa mengarah pada tuduhan pelanggaran konstitusi, yang berujung pada impeachment," ujar Hasto dalam keterangannya pada Selasa, 4 April 2023.

Karenanya, menurut Hasto PDI Perjuangan berusaha sekuat tenaga agar Piala Dunia U-20 tetap berlangsung di Indonesia tanpa kehadiran Israel. Salah satu usahanya, menurut Hasto, adalah lobi-lobi terhadap pemerintah agar Piala Dunia U-20 tetap berjalan sesuai rencana dengan catatan tanpa Israel.

"Bayangkan saja, Presiden Jokowi yang begitu berprestasi saja bisa dituduh macem-macem. Jadi para kader PDI Perjuangan membela Pak Jokowi, dan Beliau memang harus bersikap tegas agar U-20 tetap berjalan," tegas Hasto.

Hasto mengatakan PDIP terus melakukan lobi-lobi untuk mencari jalan keluar guna menghindari kelompok tertentu yang mencari kesempatan untuk membenturkan PDIP dengan Pemerintah, atau Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri dengan Presiden Jokowi.