Bidik Pasar Asuransi Syariah, BJB Syariah Gandeng Generali Indonesia Luncurkan Pro Life Jariyah 100
- Istimewa
VIVA Jabar – Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) menunjukkan data bahwa minat masyarakat Indonesia terhadap asuransi kian hari kian meningkat, termasuk asuransi yang berbasis syariah.
Merespon hal tersebut, PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali Indonesia) melakukan kolaborasi dengan PT Bank Jabar Banten Syariah (Bank BJB Syariah) untuk membidik pasar asuransi syariah di Indonesia yang semakin meningkat tersebut.
Berdasarkan data yang dirilis AAJI, jumlah pertumbuhan total tertanggung dalam industri asuransi jiwa kuartal pertama tahun 2023 mencapai hingga 16,6% dari periode yang sama tahun sebelumnya (year-on-year/yoy).
Pro-Life Jariyah-100, diluncurkan sebagai solusi proteksi dengan manfaat pasti dengan prinsip syariah, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat khususnya di wilayah Jawa Barat, DKI Jakarta dan Banten.
Kegiatan kerja sama ini dihadiri oleh manajemen Generali Indonesia, yakni Tito Edwin Hasudungan Hutabarat selaku Chief of Partnership Distribution dan Direktur Operasional bank bjb syariah, Vicky Fitriadi, yang bertempat di Kantor Pusat Bank BJB Syariah, Bandung pada hari ini, Kamis 27 Juli 2023.
Kerjasama dan solusi inovatif Pro-Life Jariyah-100 ini juga sebelumnya telah disetujui oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Republik Indonesia.
Kerja sama ini sebagai langkah strategis bank bjb syariah untuk memperluas pasar asuransi syariah karena perusahaan yakin bahwa kepercayaan masyarakat terhadap asuransi berbasis syariah terus meningkat sehingga perlu dimanfaatkan dengan baik. Untuk itu, Bank BJB Syariah ingin memanfaatkan momentum ini dengan meluncurkan produk baru kerja sama dengan Generali Indonesia.
Selain itu Bank BJB Syariah percaya bahwa peluncuran Pro-Life Jariyah-100 akan menambahkan sinergi sekaligus menjadi bukti nyata komitmen bank bjb syariah dalam menjangkau kebutuhan finansial nasabah secara komprehensif. Selain kebutuhan perbankan, produk ini juga menjadi sebuah added value yang diberikan kepada nasabah untuk melengkapi perencanaan finansial keluarga. Bank BJB Syariah berharap, kemitraan ini dapat menjadi kolaborasi yang kuat dan memberikan banyak manfaat bagi nasabah dalam melakukan perencanaan finansial keluarga yang memenuhi prinsip-prinsip syariah.
Pro-Life Jariyah-100 merupakan produk asuransi jiwa berbasis syariah dengan masa asuransi seumur hidup yang memberikan kemudahan pembayaran kontribusi secara berkala. Pro-Life Jariyah-100 dirancang dengan fitur pengembalian kontribusi dan manfaat di akhir masa asuransi.
Solusi proteksi inovatif ini juga memberikan masa perlindungan asuransi hingga usia 99 tahun dengan masa bayar yang bisa disesuaikan dengan pilihan nasabah, yakni 5, 10, 15 dan 20 tahun.
Selain itu, layaknya produk asuransi syariah Generali lainnya, Pro-Life Jariyah-100 juga dilengkapi dengan fasilitasi wakaf manfaat asuransi, sehingga nasabah tidak hanya mendapatkan proteksi jiwa namun juga bisa sekaligus berkesempatan untuk beribadah wakaf.
Sementara itu Tito Edwin Hasudungan Hutabarat selaku Chief of Partnership Distribution Generali Indonesia mengungkapkan bawah saat ini kesadaran dan kebutuhan asuransi sudah semakin terbentuk dan sangat berkembang sehingga diperlukan berbagai kolaborasi untuk bisa menjangkau lebih banyak masyarakat secara lebih meluas.
“Kami memiliki fokus yang sama yaitu mengutamakan nasabah, Generali Indonesia memperluas jaringan pemasaran dengan melakukan sinergi bersama Bank BJB syar6iah dalam menggarap potensi syariah secara lebih optimal.” kata Tito Edwin Hasudungan Hutabarat.
Mulai Agustus 2023 ini, Pro-Life Jariyah-100 akan dipasarkan melalui jalur distribusi bancassurance bank bjb syariah dan dapat diakses melalui bancassurance specialist Generali Indonesia yang ditempatkan pada kantor-kantor Cabang bank bjb syariah.
Selain manfaat proteksi dan pengembalian kontribusi, dengan memiliki produk ini nasabah juga bisa mendapatkan fitur telemedicine Dokter Leo. Dokter Leo memberikan kemudahan akses konsultasi medis bebas biaya dengan dokter profesional hanya dengan menggunakan ponsel dari rumah yang bisa diakses melalui aplikasi nasabah Gen iClick®.
Nasabah dapat dengan mudah berkonsultasi dengan cara live chat, voice call ataupun video call, kapan saja, dimana saja. Kemudahan ini tidak hanya berlaku bagi nasabah, tetapi juga termasuk anggota keluarga nasabah. Setelah melakukan konsultasi, nasabah juga dapat melakukan penebusan obat resep langsung di aplikasi yang sama dan obat akan langsung diantar ke rumah. Ini adalah nilai tambah yang diberikan kepada nasabah bank bjb syariah, di luar dari manfaat proteksi yang tercantum di dalam Polis.
Tentang Generali Group
Generali Group merupakan salah satu perusahaan penyedia asuransi dan aset manajemen global terbesar. Berdiri pada tahun1831, dan hadir di lebih dari 50 negara di dunia, Generali Group berhasil mendapatkan total pendapatan Premi 81,5 miliar Euro pada tahun 2022. Dengan lebih dari 82.000 karyawan yang melayani 68 juta nasabah, Generali Group memiliki posisi terdepan di Eropa dan terus hadir berkembang di Asia dan Amerika Latin. Strategi utama Generali Group adalah berkomitmen menjadi Lifetime Partner untuk nasabah, yang dicapai melalui solusi inovatif dan personal, customer experience terbaik serta distribusi digital secara global. Generali Group menekankan pada sustainability ke dalam semua pilihan strategis, dengan tujuan untuk menciptakan value bagi semua pemangku kepentingan sekaligus membangun masyarakat yang lebih adil dan tangguh.
Tentang Generali Indonesia
PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali Indonesia) merupakan bagian dari Generali Group yang beroperasi di Indonesia sejak tahun 2008 dan mengembangkan bisnis asuransi melalui jalur multi distribusi yaitu keagenan, bancassurance, corporate solution dan direct channel. Selaras dengan visi untuk menjadi Lifetime Partner bagi nasabah, Generali Indonesia menghadirkan solusi produk inovatif untuk proteksi jiwa, kesehatan, penyakit kritis, hingga perencanaan pensiun baik untuk nasabah individu maupun korporasi.
Saat ini, Generali Indonesia didukung oleh lebih dari 10.000 tenaga pemasar profesional dan dipercaya untuk melindungi lebih dari 400.000 nasabah di Indonesia. PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).