Sejarah Baru! Indonesia Lolos 16 Besar Piala Asia 2023

Timnas Indonesia.
Sumber :
  • viva

VIVA Jabar – Mimpi Timnas Indonesia untuk bermain di babak 16 Piala Asia 2023 akhirnya terwujud. Asnawi Mangkualam dinyatakan lolos 16 Piala Asia 2023 meski berada di posisi ke 3 di klasemen group D.

Diketahui, Indonesia menutup pertandingan fase group dengan sat kemenangan dan dua kekalahan. Anak-anak asuhan Shin Tae-yong itu kalah 1-3 dari Irak, menang 1-0 dari Vietnam dan kalah 1-3 dari Jepang.

Namun demikian, skuad merah putih lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023. Seperti diketahui, Piala Asia 2023 diikuti oleh 24 tim yang terbagi ke dalam 6 group. Juara group dan runner up dipastikan maju ke 16 besar.

Shin Tae-yong

Shin Tae-yong

Photo :
  • Bola.net

Akan tetapi, ada 4 tiket yang diberikan dari 6 tim yang berada di posisi ketiga di fase group. Beruntung, Indonesia menjadi salah satu dari 4 tim yang berada di posisi tiga terbaik. Hal itu, berkat hasil imbang antara Oman dan Kirgistan di group F yang bertanding di stadion Albdullan bin Nasser bin Khalifa pada Kamis, 25 Januari 2024 malam.

Pada pertandingan itu, Oman langsung tampil agresif untuk mendulang 3 poin dari Kirgistan. Tak ayal, pada menit ke 8 mereka mampu menjebol gawang Kirgistan melalui aksi Muhsen Al Ghassani.

Pertandingan pun berlangsung panas sepanjang babak pertama. Hingga peluit turun minum ditiup, skor tetap bertahan untuk keunggulan Oman.