Ini yang Dilakukan Indra Sjafri di Belanda Selain Cari Pemain Keturunan

Indra Sjafri
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

VIVA Jabar – Pelatih Timnas Indonesia U-20, Indra Sjafri bergerilya di Belanda untuk mencari pemain keturunan. Tak hanya itu, ia di sana dikabarkan mengikuti kursus direktur teknik yang diikuti oleh 23 negara peserta. 

Dikutip dari laman PSSI, Indra Sjafri mengikuti Technical Leadership Diploma (TLD) dengan Belanda sebagai negara ketiga yang diangkat sebagai negara percontohan khususnya sepak bola amatir. 

Indra Sjafri juga berkesempatan mengunjungi beberapa klub yang ada di Belanda yaitu Sparta Rotterdam dan USV Hercules yang tetap eksis berdiri sejak tahun 1882. Kedua klub tersebut memberikan presentasi yang luar biasa bagaimana mereka memiliki ekosistem dan koneksi yang sangat baik antara sepak bola amatir dan profesioinal.

Selain itu para peserta juga berkesempatan mendapatkan materi tentang Child Safeguarding, Good Governance serta bagaimana sepakbola grassroots dikembangkan di UEFA.

Diluar teknis sepakbola, Indra Sjafri juga mendapat tambahan materi penunjang kepemimpinan lainnya seperti kemampuan bernegosiasi, kemampuan mempengaruhi orang lain dan kemampuan melakukan refleksi diri.

Kursus ini masih akan berlanjut hingga blok ke-4 yang akan di laksanakan di Zurich, Swiss pada bulan Desember mendatang.

Sebagai tugas akhir, Indra Sjafri akan mempresentasikan Transformasional Project nya di depan para petinggi FIFA.