Tanggapan STY Soal Wasit FIFA yang Tidak Bisa Berbahasa Inggris

Shin Tae Yong
Sumber :
  • Pinterest

VIVAJabar – Shin Tae Yong, pelatih Timnas Indonesia mengomentari wasit FIFA yang tidak bisa berbahasa Inggris. Menurut pelatih asal Korea Selatan itu, bahasa Inggris seharusnya menjadi kemampuan penting yang dimiliki wasit dalam pertandingan internasional.

Ungkapan tersebut setelah pertemuan Timnas Indonesia U-23 melawan Guinea U-23 pada playoff Olimpiade Paris 2024. Laga yang berlangsung di Stade Pierre Pibarot, Prancis pada Mei lalu itu, diramaikan oleh protes STY kepada wasit.

Aksi protes itu diawali oleh keputusan wasit, Francois Letexier, yang terkesan berat sebelah. Oleh karena itu, STY pun diusir keluar lapangan karena dianggap berlebihan.

Sang pelatih pun menjelaskan keresahannya. Dia merasa marah karena wasit tersebut tidak bisa berbahasa Inggris, Padahal, Francois Letexier adalah wasit dari FIFA dan pernah memimpin Piala Dunia 2022 lalu di Qatar.

Menurut STY, wasit seharusnya berbicara dalam bahasa Inggris. Tapi Letexier hanya berbicara bahasa Prancis. 

Pada momen tersebut, STY juga menjelaskan bahwa semua pemain Timnas U-23 dan staf berusaha memohon kepada wasit untuk berbicara bahasa Inggris. Tapi permintaan itu tidak diterima hingga menimbulkan miskomunikasi.

Perihal bahasa memang dinilai harus mendapatkan perhatian, terutama dalam memilih wasit. Hal tersebut demi menghasilkan permainan yang lebih sportif.