Indonesia Vs Bahrain: Gol Oratmangoen Diperiksa VAR Cukup Lama, Drama?

Bahrain Vs Indonesia
Sumber :

VIVAJabar – Pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2026 antara Indonesia dan Bahrain diwarnai hal yang cukup aneh, tepatnya di penghujung babak pertama. Gol Ragnar Oratmangoen yang sempat membawa Timnas Garuda menyamakan kedudukan menjadi 1-1 harus melalui pemeriksaan Video Assistant Referee (VAR) yang cukup lama.

Wasit yang memimpin pertandingan, Ahmed Al-Kaf tampak ragu-ragu untuk mengesahkan gol tersebut. Setelah beberapa menit melakukan pengecekan, akhirnya gol Oratmangoen dinyatakan sah.

Bertanding di Stadion Nasional Bahrain pada Kamis, 10 Oktober 2024 malam, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memasang line up yang berbeda dengan ketika melawan Australia. Pelatih asal Korea Selatan itu menurunkan Mlik Risaldi, Mees Hilgers, Jordi Amat, dan Thom Haye.

Dalam pertandingan tersebut Timnas Indonesia harus kebobolan lebih dulu pada menit ke-15.

Eksekusi tendangan bebas Mohamed Marhoon menghantam mistar gawang Timnas Indonesia, dan Maarten Paes hanya bisa melihat bola melewati garis gawangnya.

Bahrain pun mendominasi setelahnya, namun Timnas Indonesia akhirnya mencatatkan tembakan pertamanya dalam permainan pada menit ke-45+3.

Bola yang disimpan oleh Ivar Jenner mengenai pemain Bahrain, menuju Mees Hilgers dan kemudian diteruskan oleh Ragnar Oratmangoen. Beruntung, Ragnar mampu mengkonversinya menjadi gol.