Profil Ahmed Al-Kaf, Wasit Kontroversial yang Pimpin Laga Indonesia Vs Bahrain

Wasit asal Oman, Ahmed Al-Kaf
Sumber :

VIVAJabar – Aktor signifikan yang membuat Timnas Indonesia gagal merebut kemenangan dari Bahrain adalah Ahmed Al-Kaf, wasit asal Oman yang membuat beberapa keputusan kontroversial.

Indonesia bertanding melawan Bahrain dalam putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Laga yang berlangsung di Bahrain National Stadium, Bahrain pada Kamis, 10 Oktober 2024 itu berakhir dramatis dengan skor 2-2.

Wasit asal Oman, Ahmed Al-Kaf

Photo :
  • -

Pertandingan tersebut sebenarnya sudah dimenangkan oleh Indonesia 2-1. Tapi Al-Kaf tak kunjung menyudahi pertandingan hingga masa injury time habis di menit 90+6, pertandingan terus berjalan hingga Bahrain jebol gawang Indonesia di menit 90+9. Pertandingan itu berjalan lebih dari pertambahan waktu yang diberikan, yaitu 6 menit.

Ahmad Al-Kaf lahir di Oman pada 6 Maret 1983. Nama lengkapnya adalah Ahmed Abu Bakar Said Al Kaf. Pria gundul ini memulai debutnya pada tahun 2008.

Al-Kaf dikenal sebagai wasit yang doyan mengeluarkan kartu. Dari 115 pertandingan, ia sudah mengeluarkan 346 kartu yang 10 di antaranya adalah kartu merah.

Sebenarnya, penunjukan Al-Kaf sebagai wasit di pertandingan Indonesia vs Bahrain sudah kontroversial. Sebab dia berasal dari Oman yang notabenenya satu naungan federasi sepakbola dengan Bahrain, yakni West Asian Football Federation (WAFF).