Sosok Philippe Troussier Pelatih Vietnam yang Pernah Dipecat Qatar Gegara Kalah Lawan Indonesia

Philippe Troussier Pelatih Vietnam
Sumber :
  • Viva.co.id

VIVA Jabar - Timnas Indonesia U-22 akan bersua melawan Timnas Vietnam di laga semifinal sepakbola SEA Games 2023. Duel klasik ini akan berlangsung pada Sabtu (13/5/2023) sore ini di Olympic Stadium, Phnom Penh pukul 16.00 WIB.

Timnas Vietnam baik tim senior maupun U-22 yang tampil di SEA Games 2023 ini, kini diasuh pelatih asal Prancis, Phillippe Troussier. Dia ditunjuk menggantikan Park Hang-seo.

Qatar melalui Phillippe Troussier, terlalu percaya diri dapat mengalahkan Indonesia. Terlebih dalam 2 edisi Piala Asia sebelumnya, 1996 dan 2000, Skuad Garuda tak pernah mengemas satu pun kemenangan.

Sosok Pelatih asal Prancis, Phillippe Troussier, mengingatkan sejarah sepakbola Indonesia pada 2004 di babak penyisihan Group A Piala Asia. Ternyata, Pelatih berusia 63 tahun ini punya memori buruk di laga Piala Asia di China dulu.

Anak-anak asuhan nya, Qatar tumbang oleh Skuad Merah Putih dengan skor 2-1. Usai kekalahan itu, Phillippe Troussier dipecat gegara gagal mengalahkan Timnas Indonesia yang saat itu dibawah asuhan pelatih Ivan Kolev. Indonesia tampil mengejutkan di Workers Stadium Beijing di laga penyisihan Group A Piala Asia 2004, tepatnya pada 18 Juli 2004. 

Dilansir viva.co.id, 2 gol Tim Merah Putih dicetak masing-masing oleh Budi Sudarsono di menit ke-21 dan Ponaryo Astaman di menit ke-48. Sementara Qatar cetak gol balasan lewat Magid Mohamed di menit ke-83.

Ini menjadi sejarah kelam bagi Phillippe Troussier karena tunduk pada kemenangan perdana Indonesia di putaran final Piala Asia 2004. Phillippe Troussier dipecat 2 hari setelah kekalahan itu.