Afrika Sumbang 4 Timnas di Piala Dunia U-17, 2 Timnas Jagoan Juara Tumbang Gak Lolos

Timnas Nigeria Juara Piala Dunia U-17
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

VIVA Jabar - Kejuaraan sepakbola muda, U-17 resmi akan diadakan di Indonesia. Keputusan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 berdasarkan sidang FIFA Council yang digelar di Markas FIFA, Zurich, Swiss, Jumat (23/6/2023) lalu.

Ajang tersebut akan digelar pada 10 November hingga 2 Desember 2023. Namun demikian, ada 2 negara yang biasanya dijagokan sebagai langganan juara, gagal mendapat tiket sebagai peserta Piala Dunia U-17.

Kedua tim itu berasal dari Afrika, yakni Timnas Nigeria dan Timnas Ghana. Mereka merupakan mantan juara dunia yang gagal merebut tiket ke Indonesia.

Nigeria merupakan tim tersukses di Piala Dunia U-17. Mereka sudah lima kali juara, di atas Brasil yang baru empat kali juara. Sayang, Nigeria gagal lolos ke Indonesia. 

Di Piala Afrika U-17 2023 yang digelar di Aljazair mereka gagal lolos ke semifinal yang merupakan syarat lolos ke Piala Dunia U-17. Nigeria takluk 1-2 dari Burkina Faso di perempatfinal. Itu sebabnya Nigeria gagal merebut tiket ke Indonesia.

Sementara itu, Ghana sempat dua kali juara Piala Dunia U-17. Nasib mereka lebih tragis dibandingkan Nigeria.Ghana gagal lolos ke Piala Afrika U-17. Mereka harus takluk 0-1 dari Burkina Faso di babak kualifikasi. 

Meski demikian, masih ada 4 Timnas asal Afrika yang mengantongi tiket ikut bersua di Piala Dunia U-17. Mereka adalah Burkina Faso, Mali, Maroko dan Senegal.