Telkom Indonesia Akui Fitur AI Bantu Jawab dan Kasih Solusi ke Konsumen
Jabar, VIVA - Telkom Indonesia terus mengoptimalkan peran kecerdasan buatan atau fitur AI pada sektor layanan pelanggan, efisiensi operasional perusahaan dan memangkas potensi keluhan konsumen.
EVP Digital Business & Technology PT Telkom, Komang Budi Aryasa menjelaskan, penguatan penggunaan kecerdasan buatan merupakan dampak positif saat penggunaan big data saat Pandemi COVID 19 melalui aplikasi Peduli Lindungi.
“Saat itu, kami mengelola big data dengan total pendaftar sebanyak 250 juta dan 56 juta pengguna aktif harian. Padahal awal mulanya script coding ditulis hanya oleh saya dan beberapa teman programmer," katanya, Minggu 1 Desember 2024.
Komang menilai, singkronisasi data saat pandemi dengan Peduli Lindungi dan aplikasi drafting regulasi jadi cikal bakal meningkatnya kebutuhan fitur AI untuk akselarasi kinerja perusahaan.
Menurut Komang, Telkom memastikan penggunaan fitur AI beroperasi setiap hari melayani semua konsumen disertai data kebutuhan pelanggan.