Film Oppenheimer Dikecam di India Lantaran Adegan Seks Sambil Baca Kitab Bhagavad Gita

Film Oppenheimer & Kitab Bhagavad Gita
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

VIVA Jabar - Sebuah adegan seks dalam film yang sangat ditunggu-tunggu tahun ini, yaitu Oppenheimer telah dikecam oleh pejabat India yang mengklaim bahwa adegan tersebut adalah "serangan pedas terhadap agama Hindu."

MUI Ungkap Alasan Larang Film Kiblat Tayang di Bioskop

Film Oppenheimer disutradarai oleh Christopher Nolan. Drama biografi ini bercerita tentang fisikawan legendaris yang dikenal sebagai Bapak Bom Atom, J. Robert Oppenheimer dan sekelompok ilmuwan yang tengah menyelesaikan Proyek Manhattan, yang memuncak dengan pemboman Hiroshima dan Nagasaki, Jepang pada 6 Agustus 1945 dan mengakhiri perang dunia kedua. 

Dalam film tersebut, Robert Oppenheimer (yang diperankan oleh Cillian Murphy) dan Jean Tatlock (diperankan oleh Florence Pugh) melakukan hubungan seksual sampai Jean berjalan ke rak buku dan mengambil Salinan kitab "Bhagavad Gita" dan meminta Murphy untuk membacanya.

Kronologi Motovlogger Asal Spanyol Diperkosa 7 Pria di India

Oppenheimer kemudian membaca kalimat di dalam kitab yang bertuliskan, "Saya menjadi Kematian, seorang perusak dunia," saat keduanya melanjutkan hubungan seksual.

Poster film Oppenheimer

Photo :
  • viva.co.id
Dinilai Bikin Gaduh, Sutradara dan 3 Pemeran Dirty Vote Dipolisikan

Kalimat itu dikatakan seperti yang dipikirkan Oppenheimer di kehidupan nyata saat bom nuklir pertama meledak. Ribuan orang India berbondong-bondong untuk menonton film tersebut saat pemutaran perdana minggu lalu, tetapi banyak dari mereka mulai memprotes di media sosial segera setelah adegan tersebut, dilansir dari New York Times, Senin, 24 Juli 2023. 

“Telah menjadi perhatian kami bahwa film Oppenheimer berisi adegan yang membuat serangan pedas terhadap Hinduisme,” tulis Uday Mahurkar, komisaris informasi untuk Pemerintah India, kepada sutradara film tersebut.

Halaman Selanjutnya
img_title