Film Dear Jo Almost Is Never Enough Usung Kisah yang Berani Soal Ibu Pengganti

Film Dear Jo
Sumber :
  • Instagram/@mvppictures_id

VIVA JabarFilm Dear Jo: Almost is Never Enough menceritakan kisah yang tidak biasa dan berani, tentang ibu pengganti atau surrogate mother.

Universitas Bandung Terbukti Selewengkan Dana KIP, APH Harus Bertindak

Dalam ceritanya, ada sepasang suami istri, Maura (Salshabilla Adriani) dan Jo (Jourdy Pranata) yang sulit memiliki anak. Suatu ketika, wanita ini meminta sahabatnya, Ella (Anggika Bolsterli) sebagai surrogate mother atau ibu pengganti.

Ella yang berstatus janda membutuhkan uang untuk membayar biaya sekolah anaknya di Baku, Azerbaijan. Namun di satu sisi, ia juga kesulitan meminjamkan rahim kepada Jo dan Maura.

Netizen Indonesia Serang Como 1907 Lantaran Tolak Rekrut Pemain Timnas Indonesia

Tak hanya dihadapkan pada dilema, tindakan ibu pengganti di Indonesia juga menjadi sesuatu yang dilarang.

Sebagai informasi, surrogate mother atau ibu pengganti bisa diartikan sebagai wanita yang meminjamkan kandungannya untuk membantu suami istri mendapatkan keturunan.

Pesan Menohok Justin Hubner untuk Netizen Indonesia

Namun di Indonesia, surrogate mother atau ibu pengganti dilarang. Dalam Undang-Undang pasal 127 No. 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan, telah diatur bahwa upaya kehamilan di luar cara alamiah hanya dapat dilakukan oleh pasangan suami istri yang sah.

Meski dilarang, Monty Tiwa selaku produser film Dear Jo: Almost is Never Enough berani mengambil resiko. Ia bahkan membandingkannya dengan tema narkoba yang juga dilarang di Indonesia.

Halaman Selanjutnya
img_title