Ahli Sebut Ada Jenis Planet yang Isinya Hanya Air dan Uap, Ukuran Lebih Besar dari Bumi

Ilustrasi James Webb Space Telescope (JWST)
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

VIVA Jabar - Mini Neptunus tersebar luas di seluruh Bima Sakti dan menurut Badan Penerbangan dan Antariksa (NASA), merupakan jenis planet ekstrasurya yang paling umum. GJ 1214b atau Gliese 1214b adalah salah satunya.

Orang China dan Jepang Unggul Kesehatan Meski Konsumsi Mie Instan

Teleskop Luar Angkasa James Webb (JWST) diketahui membuat kemajuan, termasuk dengan sistem TRAPPIST-1 yang menampung tujuh dunia seukuran Bumi atau Super Bumi. 

Kita masih memiliki banyak pertanyaan tentang bagaimana planet terbentuk, bagaimana atmosfernya berevolusi, dan mengapa beberapa jenisnya begitu umum namun tidak ada di Tata Surya kita.

TNI Manunggal Air, Kodim Purwakarta Pastikan Ketersediaan Sumber Air Bersih

Tetapi dengan begitu banyak exoplanet yang ingin dipelajari, para astronom yang menggunakan JWST harus memilih target mereka dengan bijaksana. Proses yang bijaksana itu membawa tim astronom menemukan Gliese 1214b.

Ilustrasi James Webb Space Telescope (JWST)

Photo :
  • Screenshot berita VivaNews
Jangan Panik! Ini 5 Tips Ampuh Mengatasi Handphone yang Tercebur ke Air

Mereka mengamati mini-Neptunus dengan MIRI JWST dan Spektrometer Resolusi Rendah, menerbitkan hasilnya dalam makalah di Nature berjudul A reflective, metal-rich atmosphere for GJ 1214b from its JWST phase curve.

Penulis utamanya adalah Eliza Kempton, seorang peneliti di University of Maryland, AS. Gliese 1214 adalah bintang kerdil merah yang berjarak sekitar 40 tahun cahaya di konstelasi Ophiuchus.

Halaman Selanjutnya
img_title