Makna Kemerdekaan Hakiki Menurut UAS

Ustadz Abdul Somad
Sumber :
  • viva.co.id

VIVA Jabar - Hari kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945 yang diproklamirkan oleh Presiden pertama Indonesia Ir. Soekarno, hingga saat ini, telah memasuki tahun ke-78 kemerdekaan.

1.180 Calhaj Asal Subang Segera Berangkat, Kemenag Distribusikan Koper Jamaah

Lalu bagaimana makna kemerdekaan yang Hakiki? Ustaz Abdul Somad belum lama ini mengunggah video berjudul “Makna Kemerdekaan Yang Hakiki” dalam akun Youtubenya @ustadzabdulsomadofficial.

Ustaz Somad menjabarkan beberapa poin mengenai makna kemerdekaan Indonesia. Poin pertama ialah bagaimana kita lepas dari intervensi orang.

Populer di Instagram, Shin Tae-yong Raup Uang dengan Jadi Bintang Iklan

“Intervensi Inggris, Belanda, dan Sekutu. Tidak boleh ada yang mengintervensi politik kita. Anak-anak muda saat ini harus mengerti jika nanti kita punya anak atau cucu untuk diajarkan, agar tidak dijajah di masa depan,” ujar Somad.

Hukum Mencicip Masakan saat Puasa Ramadan, Ini Penjelasan Ustaz Abdul Somad

Kemudian Ustaz Abdul Somad menjabarkan poin kedua, mengenai ‘bagaimana kita merdeka adalah bebas untuk menentukan nasib kita ke depan’:

“Setelah merdeka, kita menentukan nasib kita sendiri ke depan, tanpa ada lagi Jepang, tanpa harus ada Belanda dan tanpa siapapun. Kita bersama berkumpul Bhineka Tunggal Ika, berkumpul berbeda ras dan Agama. Tapi kita berkumpul satu Indonesia, Berbangsa satu bangsa Indonesia, Berbahasa satu bahasa Indonesia, bertanah air satu  tanah air Indonesia. Kita tentukan arah kita ke depan, kita ingin hidup bersama, makmur,” sambung ustad Somad. 

Halaman Selanjutnya
img_title