Era Digital Lahirkan Disrupsi di Segala Aspek, Menguasai AI Jadi Sebuah Keharusan

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Jabar - Kemajuan tekhnologi menuntut perubahan di segala aspek. Bahkan, sebagian bidang yang biasa dilakukan melalui sumber daya manusia, tak bisa terelakkan harus mengalami disrupsi.

Jelang Pilkada Serentak 2024, Bey Machmudin Tegaskan Hal ini

Menurut Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, zaman sekarang mengalami disrupsi. Oleh karena itu, sangat penting beradaptasi agar tidak kalah oleh teknologi Artificial Intelligence (AI).

"Saya pemimpin Jawa Barat, setiap hari saya beradaptasi. Saat ini saya kaum generalis, saya dulu kaum spesialis arsitektur desain. Sejak jadi pemimpin saya harus pintar segala urusan dariinflasi, AI saya harus pahami," kata Ridwan Kamil saat menjadi keynote speaker dalam acara Indonesia Digital Conference (IDC) 2023 di Hotel El Royale, Kota Bandung, Rabu (23/8/2023).

Beri Hadiah Celana Legeg, Warga Majalengka Doakan KDM Jadi Gubernur Jabar

Pria yang akrab disapa Kang Emil ini mengungkapkan bahwa Indonesia adalah pengguna internet terbesar yang mencapai per tahun lalu 204 juta dan jumlah nomor telfon selular yang beredar sudah di atas 350 juta.

Banjir Dukungan, KDM Diharap Tokoh dan Warga Cirebon Jadi Gubernur Jawa Barat

Tak hanya itu, menurut Kang Emil, Indonesia juga negara yang penggunaan telfon selularnya paling lama sedunia yakni mencapai 5,7 jam per hari.

"Poin saya apa? Di setiap disrupsi ada sisi baik ada the dark side of dessert. Saya sebagai pemimpin harus mendorong-dorong yang positif, tapi harus juga menyiapkan benteng-bentengterhadap sisi gelap ini dan negara harus siap terhadap hal itu," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
img_title