India Segera Luncurkan Satelit Luar Angkasa 'Aditya-L1' ke Ruang Antariksa

Ilustrasi Luar Angkasa, Persaingan AS, China & Rusia di Bulan
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

VIVA Jabar - Organisasi Penelitian Luar Angkasa India (ISRO) menuturkan India akan meluncurkan pesawat ruang angkasa pertamanya untuk mempelajari Matahari akhir pekan ini, jika semuanya berjalan sesuai rencana.

Kronologi Motovlogger Asal Spanyol Diperkosa 7 Pria di India

Observatorium surya Aditya-L1 dijadwalkan diluncurkan pada Sabtu, 2 September, pukul 02:20 EDT. Pesawat ruang angkasa ini akan lepas landas di atas Kendaraan Peluncur Satelit Polar dari Satish Dhawan Space Centre, di pulau Sriharikota, tak jauh dari pantai timur India.

Aditya-L1 awalnya akan menuju ke orbit rendah Bumi, dimana berbagai sistemnya akan mendapat pemeriksaan di luar angkasa dari tim misi.

Relawan Matahari Pagi Subang dan Ibu-ibu Senam Cipeundeuy Deklarasi Dukung Prabowo-Gibran

Jika semuanya baik-baik saja, pesawat ruang angkasa secara bertahap akan mengendurkan orbitnya, dan pada akhirnya akan terbebas dari tarikan gravitasi Bumi. 

Heboh, Roket Iron Some Israel Eror Hantam Wilayah Sendiri di Tel Aviv

Setelah itu, Aditya-L1 akan menuju ke Bumi-Matahari Lagrange Point 1, sebuah tempat yang gravitasinya stabil sekitar 1 juta mil (1,5 juta kilometer) jauhnya.

“Sebuah satelit yang ditempatkan pada orbit halo di sekitar titik L1 memiliki keuntungan besar karena dapat terus mengamati Matahari tanpa adanya okultasi atau gerhana,” tulis pejabat ISRO dalam deskripsi misi Aditya-L1.

Halaman Selanjutnya
img_title