Ilmuwan Temukan Planet Kesembilan Posisi Tersembunyi, Ukuran Sekitar 6,3 Kali Massa Bumi

Ilustrasi Luar Angkasa, Planet Kesembilan
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

VIVA Jabar - Bagian terjauh dari Tata Surya mencirikan alam yang redup. Wilayah ini akan jauh dari cahaya Matahari, bahkan sebuah planet yang relatif besar pun dapat dengan mudah luput dari perhatian kita.

Pengamat Sepakbola Apresiasi Keharmonisan Shin Tae-yong dengan Pemain Timnas Indonesia

Objek trans- Neptunus (TNO) yang baru-baru ini ditemukan ilmuwan di luar orbit Neptunus, menunjukkan beberapa perilaku pengelompokan aneh yang dapat mengindikasikan keberadaan dunia tersembunyi.

Hal ini mendorong para ilmuwan untuk menyampaikan gagasan tentang Planet Kesembilan, sebuah planet terestrial besar yang tersembunyi jauh di luar jangkauan visibilitas.

Indonesia Lolos ke Semi Final Piala Asia U-23 2024 Bersama Tiga Kampiun

Kini, dua ilmuwan telah memberikan penjelasan alternatif. Pertama tentang dunia yang lebih sederhana, mirip Bumi, terletak lebih dekat dari Planet Sembilan di orbit miring yang mempunyai perilaku aneh karena dikaitkan dengan sesuatu yang lebih besar.

Fakta-fakta Menarik soal Piala Asia U-23, Indonesia Jadi Satu-satunya Tim Baru di Tahun Ini

Menurut ilmuwan planet, Patryk Sofia Lykawka dari Universitas Kindai di Jepang dan Takashi Ito dari Observatorium Astronomi Nasional Jepang, dunia yang beku dan gelap jika jauh dari Matahari, ukurannya tidak akan lebih besar dari 3 kali massa Bumi, dan tidak lebih jauh dari 500 unit astronomi Matahari .

“Kami membayangkan keberadaan sebuah planet mirip Bumi dan beberapa objek trans-Neptunus pada orbit aneh di bagian luar tata surya, dapat menjadi tanda-tanda gangguan yang diduga terjadi pada planet tersebut,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title