Rusia Uji Coba Rudal 'Setan II', Ancamannya Bisa Bikin Negara Adikuasa 'AS' Kocar-Kacir

Konflik Rusia vs Ukraina, Rudal Jelajah 3M-54 Kaliber Militer Rusia
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

VIVA Jabar - Presiden Rusia, Vladimir Putin, beri ancaman baru dengan bermanuver melakukan uji coba rudal balistik antarbenua, pada Rabu, 30 Agustus 2023. 

Pemain Persija Bocorkan Gaya Melatih Shin Tae-yong di Timnas Indonesia

Putin menyebut keberhasilan uji coba peluncuran ICBM 'Sarmat' atau yang djuluki rudal 'Setan II' diklaim mampu mengirim banyak hulu ledak nuklir hingga ke benua Amerika Serikat

Menurut otoritas Rusia, dengan peluncuran uji coba rudal balistik ini akan buat lawannya berpikir dua kali untuk mengancam dan menyerang Moskow.  

Gedung Putih Beri Mandat NASA untuk Membuat Zona Waktu Bulan

Meski demikian, para pakar Barat menganalisa uji coba tersebut sebagai penghancuran senjata nuklir. Sebab, ancaman terhadap AS atau sekutunya dinilai sangat rendah. 

Privat Mbarga Jadi Korban Rasisme Usai Laga Bali United Kontra Persija Hingga Ancaman Nyawa

Mereka juga menduga motivasi sebenarnya Putin dengan uji coba balistik itu untuk mengalihkan perhatian masyarakat domestik dari kegagalan militer Rusia baru-baru ini. Salah satu seperti tenggelamnya kapal induk Rusia di Laut Hitam, Moskow.

Sementara, Kementerian Pertahanan Rusia mengkonfirmasi pihaknya sudah melakukan uji tembak Sarmat dari peluncur silo di Kosmodrom Uji Negara Plesetsk, di wilayah Arkhangelsk, Rusia Utara menuju lokasi uji coba Kura di Semenanjung Kamchatka di Rusia timur. 

Halaman Selanjutnya
img_title