KTT ASEAN ke-43, Jokowi Sebut Kesatuan dan Sentralitas Menjadi Kunci Utama ASEAN

Presiden Jokowi Beri Sambutan di KTT ke-45 EU (Belgia), 2022
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

VIVA Jabar - Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) menyebut kesatuan dan sentralitas menjadi kunci utama ASEAN untuk menghadapi tantangan dunia sekarang ini.

Kalah dalam Pilpres 2024, PDIP Salahkan Jokowi

"Para pemimpin ASEAN yang saya hormati, semua dari kita menyadari besarnya tantangan dunia saat ini di mana kunci utama untuk menghadapinya adalah kesatuan dan sentralitas ASEAN," kata Presiden Jokowi dalam sambutannya pada Sesi Pleno KTT ke-43 ASEAN, di JCC, Jakarta, Selasa (5/9/2023) lalu.

Jokowi menekankan, bahwa ASEAN harus menjadi epicentrum of growth. Karenanya, ASEAN harus mampu bekerja lebih keras, lebih kompak, lebih berani, dan lebih gesit.

Pekan Imunisasi Sedunia 2024, Ribuan Balita di Purwakarta Berhasil Diimunisasi

"Selain itu, ASEAN juga butuh strategi taktis jangka panjang dan relevan sesuai harapan rakyat, yang tidak hanya untuk lima tahun ke depan, tapi 20 tahun ke depan sampai 2045. Dan saya mengapresiasi dukungan negara anggota ASEAN dalam pembahasan ASEAN concord ke-4," kata Prasiden Jokowi.

Jabatan Kepala Desa Jadi 8 Tahun dan Bisa Dipilih 2 Kali

ASEAN, Jokowi mendorong, sebagai bagian dari kawasan Indopasifik juga harus terus konsisten bekerja keras, baik menggunakan pendekatan inklusif, melalui kerja sama secretariat ASEAN dengan secretariat Pacific Island Forum (PIF) dan Indian Ocean Rim Association (IORA), maupun pendekatan ekonomi dan pembangunan melalui ASEAN Indopasific Forum. 

Presiden Jokowi Sampaikan RUU Anggaran Pendapatan & APBN 2024

Photo :
  • Screenshot berita VivaNews
Halaman Selanjutnya
img_title