Mengkhawatirkan, Beredar Situs Web Palsu dan Diperjualbelikan untuk Membobol AI

Ilustrasi Teknologi, Situs Web Palsu dan Perjualbelikan WormGPT
Sumber :
  • Viva.co.id

VIVA Jabar - Pakar dari Kaspersky Digital Footprint Intelligence baru-baru ini mengungkap temuan yang mengkhawatirkan. Ia menemukan adanya serangkaian situs web di dalam bayangan internet yang tampaknya menjual akses palsu ke alat AI berbahaya yang dikenal sebagai WormGPT.

Berdayakan Indonesia dengan AI, Indosat Ooredoo Hutchison Perkuat Kolaborasi

Situs-situs ini memiliki karakteristik yang mirip dengan phishing, termasuk variasi desain, harga, mata uang yang digunakan untuk pembayaran, dan beberapa diantaranya bahkan memerlukan pembayaran di muka untuk mengakses versi uji coba. 

Tren ini, meskipun pada awalnya tidak terlihat sebagai ancaman langsung bagi pengguna, akan tetapi pada masa perkembangannya akan menimbulkan kekhawatiran dalam dunia siber.

AI Tentukan Indonesia di Masa Depan

Para ahli menganggapnya sebagai bukti semakin populernya alternatif topi hitam (black hat) yang digunakan oleh para penjahat siber, selain model GPT yang lebih dikenal, dan juga menyoroti urgensi dari solusi keamanan siber yang kuat.

Komitmen HM Sampoerna Tingkatkan Kapasitas Pengelolaan Produk Lokal Mangga di Karawang

Komunitas penjahat siber kini memanfaatkan kekuatan AI untuk mendukung aktivitas bisnis mereka yang berbahaya. 

Darknet, sebagaimana yang disebutkan oleh para peneliti, kini menyediakan beragam model bahasa yang dirancang khusus untuk keperluan peretasan seperti business email compromise (BEC), pembuatan malware hingga serangan phishing.

Halaman Selanjutnya
img_title