Berawal dari Keresahan dan Kepedulian, Surya Dharma Sabet Apresiasi SATU Indonesia Award ke-9 2018

Penerima Apresiasi SATU Indonesia Awards, Surya Dharma
Sumber :
  • Screenshot video Youtube @SATUIndonesiaAwards

VIVA Jabar - Pemuda asal Palu-Sulawesi Tengah (Sulteng), Surya Dharma berhasil mendapat kepercayaan dari salah satu program unggulan Astra, 'Kampung Berseri Astra & Desa Sejahtera Astra' ke-9 tahun 2018.

Ini 10 Program Unggulan Pamriadi Jika Terpilih Jadi Bupati KBB

Surya Dharma merupakan penggagas awal pembentukan 'Program Tuntas Belajar 12 Tahun' sebuah program pengembangan masyarakat berbasis komunitas kampung yang mengintegrasikan inisiatif di bidang sosial berkelanjutan sektor pendidikan di kawasan Kota Palu-Sulteng.

Surya Dharma menyebutkan, lembaga berbasis komunitas kampung 'Program Tuntas Belajar 12 Tahun' yang Ia bangun sejak 2013 lalu itu, berawal dari rasa kepedulian terhadap masa depan pendidikan anak-anak di lingkungan sekitar tempat tinggalnya.

Tengku Firmansyah dan Cindy Fatikasari akan Pindah ke Kanada Usai Lebaran, Bosan di Indonesia?

Ia merasa resah saat melihat banyak anak-anak yang mengalami putus sekolah lantaran terkendala biaya pendidikan. Di samping itu, kondisi ekonomi masyarakat yang terbilang menengah ke bawah, sehingga berdampak pada masa depan generasi muda di lingkungannya.

"Awalnya melihat banyak anak-anak yang putus sekolah di kota Palu. (Lalu) muncul ide bagaimana kami bisa membantu masyarakat yang putus sekolah tadi ini, masyarakat yang tidak memiliki pendidikan tadi ini, bisa ikut bersekolah kembali. Dan bisa mempunyai pekerjaan yang lebih baik lagi," ujar Surya Dharma di kanal Youtube @SATUIndonesiaAwards

Program Literasi Digital Segmen Pendidikan Jabar 2024

Surya Dharma akhirnya tergugah untuk mendirikan sebuah komunitas berbasis kampung lewat 'Program Tuntas Belajar 12 Tahun'. Niat untuk mendirikan lembaga ini muncul sejak tahun 2011. Di awal pendirian, Surya Dharma mengaku merasa kesulitan dan mengalami banyak tantangan.

Namun, menurut Surya Dharma, kendala dan rintangan yang dihadapi tidak sedikit pun menyurutkan niatnya untuk membangun rencana itu. Seiring berjalannya waktu, dengan dibantu sejumlah relawan, akhirnya Surya Dharma bisa mewujudkan rencana yang dulu pernah dicita-citakannya.

Halaman Selanjutnya
img_title