Kalah Debat, Imam Uddin Lahiz Sempat Tinggalkan Islam dan Murtad

Peristiwa Agama, Imam Uddin Lahiz (Ulama India)
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

VIVA Jabar - Term 'Ulama' merupakan penyematan terhormat dalam ajaran agama Islam. Tak semua orang Islam mendapatkan gelar Ulama secara mudah. Ada kualifikasi dan kategori tertentu yang harus dimiliki untuk mendapatkan kehormatan tersebut.

10 Tips Bijak Marespon Pertanyaan Kapan Nikah Saat Lebaran, Jangan Buru-buru Jawab!

Mulai dari segi keilmuan, penguasaan bidang keagamaan, produk pemikiran dan buah karya, hingga pada persoalan personal, semuanya menjadi satu kesatuan utuh dan tak terpisahkan. Keseluruhannya mendasari seseorang layak meraih gelar Ulama.

Jubir FPI Ungkap Alasan Habib Rizieq Menikah Lagi

Namun, dari sekian banyak Ulama, bukan berarti dipastikan istiqomah, konsisten dan komitmen dengan tanda kehormatan. Ada diantaranya yang memilih pindah keyakinan alias murtad.

Salah satunya ialah Imam Uddin Lahiz. Ia dikenal sebagai penterjemah Al Qur'an serta menulis banyak buku tafsir. Akan tetapi, Ia malah justru pindah agama. Tak sendiri, Ia juga membawa keluarganya untuk bersama-sama meninggalkan Islam.

Ustaz Khalid Basalamah Tegur Orangtua yang Ajakan Anak Puasa Setengah Hari

Keputusannya itu, terjadi setelah diadakan debat pada tahun 1854, hingga pada akhirnya ulama satu ini pun meninggalkan Islam sampai ajal tiba.

Bagaimanakah kisahnya? Berikut kami lansirkan dari VIVA:

Halaman Selanjutnya
img_title