Lewat Konservasi, David Hidayat Berdayakan Ekonomi Masyarakat

David Hidayat
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Jabar – Kisah inspiratif dari seorang pemuda asal Sumatera Barat. Ia adalah David Hidayat. Lewat kerja keras dan kemauannya, ia berhasil melestarikan terumbu karang hingga memperdayakan ekonomi masyarakat yang bekerja sebagai nelayan.

Berdayakan Indonesia dengan AI, Indosat Ooredoo Hutchison Perkuat Kolaborasi

Lewat sebuah program bernama Anak Desa Sungai Pinang (Andespin), David menjadi salah satu penerima penghargaan SATU Indonesia Awards pada tahun 2022.

Sebelum terjun ke masyarakat, David menempuh pendidikan di Universitas Bung Hatta Padang. Ia lulus S1 Perikanan dan Kelautan.

Auto Kerja! Ini 7 Negara dengan Tingkat Pengangguran Terendah di Dunia

Kemudian, David mendirikan sebuah klub yakni Andespin. Seluruh anggotanya adalah pemuda Nagari Sungai Pinang di kampung halamannya, di Pesisir Selatan, Sumbar.

Alasan David membetuk Andespin karena melihat adanya kerusakan di wilayah pessir akibat perilaku masyarakat yang tidak bertanggungjawab.

Dedi Mulyadi Sebut Pola Sosial Ekonomi Muhammadiyah Sunda Pisan

Selain itu, David juga menyadari jika ternyata banyak potensi alam di pesisir yang belum dimaksimalkan.

David pun menggunakan Andespin sebagai gerakan sosial yang bertujuan memberikan hal-hal positif untuk lingkungan, baik generasi muda hingga masyarakat secara umum melalui berbagai kegiatan di dalamnya.

Halaman Selanjutnya
img_title