Jabar Raih Subroto Award 2023 dari Kementerian ESDM

Pemdaprov Jabar Raih Juara 2 dalam Subroto Award 2023
Sumber :
  • Humas / DKIS Prov Jabar

VIVA Jabar - Pemda Provinsi Jawa Barat meraih penghargaan Juara 2 dalam Subroto Award 2023 Kategori Penghematan Energi di Instansi Pemerintah, Sub Kategori Gedung Pemerintahan Daerah, untuk Gedung Sekretariat Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jabar. 

Sabet Penghargaan Jurnalis, Pengusaha Agung Suryamal Ciptakan Kesejahteraan Masyarakat

Penghargaan tersebut disampaikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia di Nusa Dua, Bali, Senin (30/10/2023). 

Kepala Dinas ESDM Jabar Ai Saadiyah Dwidaningsih menuturkan, salah satu keberhasilan Gedung Sekretariat Dinas ESDM Jabar meraih penghargaan tersebut adalah pemanfaatan PLTS Atap sebagai sumber energi listrik.

10 TPS di Jawa Barat yang Rawan Konflik, Ini Daftarnya

"Gedung Sekretariat Dinas ESDM Jabar menerapkan konservasi dan efisiensi energi melalui pemanfaatan PLTS Atap sebagai sumber energi listrik pada bangunan gedung, yang tidak hanya berdampak pada pengurangan konsumsi energi, tetapi juga pada upaya penurunan emisi gas rumah kaca," ucap Ai Saadiyah di Bandung, Kamis (2/11/2023). 

Kreatifitas Tanpa Batas, Siswa SLB Disabilitas Cicendo Dapatkan Penghargaan Sertifikat Hak Cipta

Menurut Ai Saadiyah, pemanfaatan PLTS Atap pada bangunan Gedung Sekretariat Dinas ESDM Jawa Barat ini telah sesuai dengan Surat Edaran Gubernur Jawa Barat kepada seluruh Kepala Perangkat Daerah, yakni SE No. 67/RT.03.03/ PEREK tanggal 10 Mei 2022 tentang Pengembangan Pemanfaatan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap, dan berkontribusi terhadap penghematan energi pada bangunan gedung sebesar 40,27 GJoule.

"Penerapan konservasi dan efisiensi energi juga dilakukan melalui teknik efisiensi energi rancangan pasif, seperti pemanfaatan ruang terbuka hijau dan pemanfaatan ventilasi untuk sirkulasi udara, serta efisiensi energi rancangan aktif melalui penggunaan peralatan elektronik, seperti AC yang berlabel hemat energi (SKEM) bintang 4 dan pemanfaatan PJUTS (Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya)," ucapnya.

Halaman Selanjutnya
img_title