Perkenalkan Logo Baru, Pos Indonesia Komitmen Lakukan Transformasi Bisnis Logistik

Pos Indonesia
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Jabar – Direktur Business Development dan Portfolio Management Pos Indonesia Prasabri Pesti menjadi pembicara dalam gelaran Markplus Conference 2024 pada 7 Desember 2023. Diselenggarakan di Ritz-Carlton Jakarta, Pacific Place Prasabri menyampaikan materi bertajuk “The Future of Delivery: Faster, Cheaper, Greener”.

I Nyoman Pujawan Resmi Jabat Rektor ULBI, Dorong Pendidikan Logistik Unggul

Dalam paparannya Direktur Business Development dan Portfolio Management Pos Indonesia memperkenalkan logo baru PosIND: Logistik Indonesia. Perubahan logo merupakan bentuk komitmen perusahaan dalam melakukan transformasi bisnis ke arah bisnis logistik.

Prasabri mengatakan, pergantian logo secara resmi telah diperkenalkan pada 26 Agustus 2023 bertepatan dengan HUT Pos Indonesia ke-277. Logo yang awalnya identic dengan icon burung merpati, kini bertransformasi menjadi logotype PosIND dengan deskripsi merk Logistik Indonesia. 

Jelang Duel Panas Lawan Australia, Timnas Indonesia Terima Kabar Positif!

Transformasi menuju perusahaan logistik diharapkan dapat menjadikan sektor logistic sebagai pendapatan utama PosIND Group. Namun hal ini tidak akan menghilangkan bisnis lamanya yaitu kiriman dokumen dan surat. Penggunaan logo merpati dinilai tak lagi relevan di tengah core bisnis perusahaan yang lebih banyak menggarap kiriman barang dan logistik.

“Kami mengganti logo supaya sesuai dengan arah baru bisnis PosIND menjadi perusahaan logistik. Burung Merpati sangat identik dengan kiriman surat, padahal bisnis sudah bergeser menjadi dominan kiriman barang,” kata Prasabri Pesti pada MarPlus Conference 2024 di Jakarta, Kamis (7/12/2023). 

Timnas Indonesia Bersiap! Kabar Baik Jelang Pertandingan Krusial Lawan Australia

Kendati Pos Indonesia melakukan penggantian logo, Prasabri menyatakan bahwa BUMN logistik ini tetap mempertahankan nilai baik dari burung merpati. “Akan tetapi, nilai baik dari burung Merpati, yaitu tak pernah ingkar janji akan terus menjiwai operasi kami,” jelasnya.

Kehadiran PosIND diyakini akan mendorong perubahan serta membangun masa depan sektor logistik yang lebih baik bagi Indonesia. Logo dan branding baru ini merupakan penegasan atas napas baru transformasi menuju BUMN logistik sesuai dengan arahan dari pemerintah melalui Kementerian BUMN. 

Diketahui, PT Pos Indonesia (Persero) merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Indonesia yang bergerak di bidang jasa kurir dan logistik, jasa keuangan, serta properti. Didirikan pada tanggal 26 Agustus 1746, PT Pos Indonesia (Persero) menjadi salah satu BUMN tertua di Indonesia. 

Dalam melaksanakan pelayanan pos di Indonesia, perusahaan ini membaginya ke dalam enam daerah atau regional. Pembagian regional tersebut mencakup seluruh provinsi yang ada di Indonesia, yakni 42 Kantor Cabang Utama, 168 Kantor Cabang, dan 4.308 Kantor Cabang Pembantu.

Transformasi digital pun diterapkan oleh PT Pos Indonesia pada layanannya. Adapun layanan digital yang ditawarkan oleh perusahaan yaitu PosAja! yang merupakan aplikasi jasa pengiriman yang berbasis digital courier. Kemudian  Pospay, sebuah aplikasi layanan keuangan gabungan dari transformasi digital produk kantor pos dan giro.

Saat ini, PT Pos Indonesia memiliki tiga anak perusahaan, yaitu Pos Logistic yang bergerak pada bidang bisnis logistik, Pos Properti yang mengurus sektor perhotelan dan bisnis konstruksi properti, dan Pos Fin, layanan yang bergerak di bidang jasa keuangan berbasis teknologi.