Pentingnya Memahami Latar Belakang Masalah dalam Penulisan Karya Ilmiah

Ilfi Johar Nafisah, S,.Pd.I.M.Pd
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Jabar – Dalam memulai penulisan sebuah karya ilmiah, hal yang sering menjadi kegundahan bagi para penulis adalah memulai menulis latar belakang dari apa yang akan di bahas dari hasil penelitian. Sehingga perlunya memahami bagaimana latar belakang masalah fungsinya untuk apa dan bagaimana Langkah dalam Menyusun latar belakng masalah agar mudah.

Komitmen HM Sampoerna Tingkatkan Kapasitas Pengelolaan Produk Lokal Mangga di Karawang

Latar belakang dimaksudkan untuk menjelaskan alasan mengapa masalah dalam penelitian ingin diteliti, pentingnya permasalahan dan pendekatan yang digunakan untukan untuk menyelesaikan masalah tersebut baik dari sisi teoritis dan praktis.

Latar belakang masalah berfungsi sebagai pengantar munculnya masalah penelitian yang dideduksi (penarikan kesimpulan dari keadaan yang umum ke yang khusus) dari suatu pemikiran atau berdasarkan hasil studi penjajagan (studi eksplorasi), U jang Saefulah 2003:3.  

Manchester United Cari Kambing Hitam yang Bikin Pemain Cedera

Latar belakang karya tulis ilmiah adalah penjelasan singkat mengenai penelitian dan alasan mengapa topik tersebut penting untuk dibahas. 

Pada bagian ini juga perlu menampilkan ulasan mengenai penelitian terkait dan penjelasan tentang perbedaan keduanya Dalam hal ini, dapat dikatakan bahwa peneliti akan lebih mudah untuk menyelesaikan penelitian karena sudah mengetahui langkah-langkah yang perlu dikerjakan terlebih dahulu.

Kuliner Karawang, 8 Tempat Makan Enak yang Wajib Dicoba di Kota Industri!

Latar belakang harus menunjukkan akar masalah yang sedang dipelajari, konteks masalah yang sesuai dalam kaitannya dengan teori, penelitian, dan/atau praktik, ruang lingkupnya, dan sejauh mana studi sebelumnya telah berhasil menyelidiki masalah, dengan catatan, khususnya.

Selanjutnya, Latar belakang menjelaskan masalah secara umum. Dalam rumusan masalah, masalah sudah dirincikan dengan fokus penelitian kita. Adalah bagian yang berisikan pertanyaan-pertanyaan yang akan dijawab dalam tujuan penelitian. 

Halaman Selanjutnya
img_title