Gedung Tua Batavia, Jejak Sejarah yang Terus Bersinar

Gedung Tua Batavia
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Jabar – Di tengah gemerlapnya modernitas Jakarta, sebuah peninggalan bersejarah terus menarik perhatian: Gedung Tua Batavia.

Erick Thohir Ungkap Proses PSSI Tarik Maarten Paes di Timnas Indonesia: Berjalan Panjang

Bangunan megah ini, yang kini telah berusia lebih dari dua abad, menjadi saksi bisu perjalanan panjang Ibukota sejak zaman kolonial Belanda.

Terletak di pusat Kota Tua, Gedung Tua Batavia menampilkan arsitektur klasik yang memikat, menjadikannya destinasi favorit bagi wisatawan dan sejarawan. Meskipun telah melalui berbagai perbaikan dan restorasi, tetapi keaslian dan pesonanya masih terjaga dengan baik.

Timnas Prancis Cadangkan Kylian Mbappe Lawan Belanda di EURO 2024

Dibangun pada awal abad ke-18, gedung ini telah menjadi saksi bisu berbagai peristiwa penting sepanjang sejarah Indonesia.

Dari masa penjajahan Belanda hingga masa kemerdekaan, Gedung Tua Batavia telah menyaksikan berbagai perubahan politik, sosial, dan budaya.

PSSI Terus Perjuangkan Maarten Paes di Pengadilan Arbitrase Olahraga

Namun, keberadaannya tidak selalu tenang. Gedung ini telah mengalami masa-masa sulit, termasuk saat Perang Dunia II ketika kota ini diinvasi oleh pasukan Jepang. Meskipun demikian, Gedung Tua Batavia tetap berdiri tegak, sebagai simbol kegigihan dan ketahanan.

Melansir tvOnenews Selasa, 14 Mei 2024, Gedung Tua Batavia bukan hanya menjadi tempat bersejarah, tetapi juga pusat kegiatan budaya dan seni.

Halaman Selanjutnya
img_title