Inilah 6 Jenis Layar di Ponsel, Mana yang Lebih Canggih?

LCD Ponsel
Sumber :
  • Freepik.com

VIVAJabar – Layar adalah bagian yang paling penting dalam gadget. Layar menjadi bagian ponsel yang berinteraksi dengan software dan melakukan banyak aktivitas sesuai keinginan penggunanya.

Pengguna Laptop Harus Tahu, Inilah 4 Macam Prosesor Laptop dan Fungsinya

Layar yang dipakai pada ponsel adalah Liquid Crystal Digital atau LCD. LCD adalah bagian penting yang tugasnya menampilkan visual yang diperintahkan oleh GPU dengan cara menerjemahkan dari CPU menjadi sebuah gambar.

Berikut ini adalah tipe-tipe layar pada ponsel:

1. TFT LCD (Thin Film Transistor Technology) 

Jangan Tertipu! Inilah 5 Tanda LCD Ponsel Tidak Ori

Ini adalah layar yang paling umum ada pada ponsel. TFT LCD menampilkan kualitas gambar dengan resolusi lebih tinggi daripada LCD generasi sebelumnya. Namun TFT LCD memiliki pandangan yang sempit dan kurang bagus ketika berada di bawah sinar matahari. Kebanyakan layar ini dipakai di ponsel murah.

2. IPC LCD (In-Place Switching)

IPS LCD memiliki kualitas yag lebih baik dari layat TFT LCD. Layar jenis ini memberikan sudut pandang yang lebih luas dan daya yang lebih rendah. Sehingga masa pakai baterai bisa lebih lama. Tentu ponsel yang memakai IPS LCD lebih mahal ldaripada TFT LCD. Dari sisi baterai pun bisa lebih hemat dari jenis LCD sebelumnya.

Halaman Selanjutnya
img_title
Pencinta Gadget, Inilah Perbedaan Layar AMOLED, OLED, Super AMOLED, Dynamic AMOLED, dan LTPO AMOLED