Mengenal Jenis-Jenis Hormon yang Menciptakan Kebahagiaan

hormon kebahagiaan
Sumber :
  • Freepik

VIVAJabarKebahagiaan menjadi salah satu perasaan yang dicari oleh semua orang. Setiap orang ingin berbahagia dalam menjalani hidupnya. Dengan kebahagiaan, hidup akan terasa lebih ringan.

Bergadang untuk Main Handphone? Inilah 5 Hal yang Akan Kamu Rasakan

Namun, ternyata kebahagiaan itu dipengaruhi oleh berbagai hormon dalam tubuh. Hormon-hormon inilah yang memiliki peran penting dalam mengatur mood dan emosi kita. 

Berikut ini adalah beberapa jenis hormon yang mempengaruhi kebahagiaan manusia.

1. Dopamin

20 Ucapan Selamat Idul Fitri dalam Bahasa Inggris, Bagikan ke Orang Tersayang

Pertama, ada hormon dopamin yang dikenal sebagai "hormon penghargaan". Hormon ini dilepaskan ketika kita meraih sesuatu yang kita inginkan atau mencapai tujuan tertentu. Misalnya ketika kamu berhasil menyelesaikan tugas, memenangkan permainan, atau mendapatkan pujian, dopamin akan membanjiri otakmu, memberikan perasaan puas dan bahagia.

2. Serotonin

Selanjutnya, ada hormon serotonin yang berperan dalam mengatur mood, tidur, dan nafsu makan. Kekurangan serotonin sering dikaitkan dengan depresi dan kecemasan. Kamu bisa meningkatkan kadar serotonin dengan cara berjemur di bawah sinar matahari, berolahraga, dan mengonsumsi makanan sehat seperti kacang-kacangan dan pisang.

Halaman Selanjutnya
img_title
20 Ucapan Selamat Idul Fitri Romantis untuk Pasangan, Ungkapkan Cinta dengan Kata-kata Manis