Potong Biaya Produk Impor, India Berhasil Buat Apple Pangkas Harga iPhone, Tapi Harga Masih Mahal ?

iPhone 13 Pro
Sumber :
  • AppleInsider

VIVAJabar – Kabar mengejutkan datang dari Apple. Karena pemerintah India telah mengeluarkan peraturan terkait pengurangan pajak impor produk impor, Apple memutuskan untuk menurunkan harga iPhone di India. Oleh karena itu, Apple berencana merakit iPhone Pro untuk pertama kalinya di India.

Keren! Ini Cara Dapat Uang dari Rumah, Cocok Buat Ibu Rumah Tangga

Tanpa tindakan pencegahan apa pun, Apple juga menurunkan harga jualnya di India sebesar 3-4% karena pemerintah setempat mengeluarkan peraturan untuk mengurangi pajak impor ponsel pintar impor dari 20% menjadi 15%.

Oleh karena itu, Apple memberikan potongan harga untuk iPhone buatan India mulai dari 300 rupee (Rp 58.000) untuk iPhone 13, iPhone 14, dan iPhone 15, sedangkan untuk iPhone SE 3 diskonnya hingga Rp 2.300. Sementara itu, Apple memberikan diskon menarik untuk seri iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max dengan diskon hingga 6.000 Rupee atau sekitar Rp 1,1 jutaan.

5 Aplikasi Ini Bisa Beri Kamu Saldo DANA Gratis, Cukup Modal HP dan Internet

Ini adalah pertama kalinya Apple menawarkan harga diskon menarik untuk seri Pro di India. Meskipun Apple telah menurunkan harga iPhone di India, Apple tetap mematok harga iPhone sangat tinggi di India. iPhone 15 Pro hanya terjual 20 juta di india, sedangkan di India terjual 25 juta.

India adalah negara yang menyukai produk Apple. Pasalnya Apple akan memperoleh keuntungan sebesar 8,7 miliar USD, meningkat sekitar 42% pada tahun 2023.Jumlah tersebut sangat berbanding terbalik dengan China. Pasalnya iPhone semakin banyak ditinggalkan karena masyarakat lebih memilih smartphone dalam negeri.

Rekomendasi 5 Aplikasi Penghasil Saldo DANA Gratis, Asyik Cuan Tiap Hari!

Penjualan iPhone India menduduki peringkat kelima, tumbuh 39% menjadi 9,2 juta unit pada tahun 2023. India diketahui memproduksi sekitar 14% dari seluruh iPhone di dunia. Jumlah ini diperkirakan akan terus meningkat seiring bertambahnya fasilitas manufaktur dan mitra Apple.