Pemprov Jabar Ajak Masyarakat Lindungi Diri dan Keluarga dengan Imunisasi Lengkap

Kadinkes Jabar
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Jabar – Bertemakan “Ayo Lindungi Diri, Keluarga dan Masyarakat dengan Imunisasi Lengkap”, Pekan Imunisasi Dunia (PID) bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan melaksanakan imunisasi sebagai upaya untuk mencegah penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I). 

Seorang Remaja di Subang Ditusuk Gengster hingga Tembus ke Paru- Paru

Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Kesehatan mengajak masyarakat Jawa Barat untuk melindungi diri dan keluarga dengan melakukan imunisasi lengkap.

“Fokus PID tahun ini adalah mengajak masyarakat dan tenaga kesehatan untuk melindungi diri, keluarga, dan masyarakat untuk mendapatkan imunisasi lengkap,” kata Plt. Kepala Dinas Kesehatan Jawa Barat Nina Susana di Kota Bandung, Senin (15/5/2023).

Penjual Pigura di Subang Mulai Kebanjiran Order Pesanan Prabowo-Gibran

Ia bersama Dinkes Jabar berkomitmen untuk mengubah paradigma masyarakat bahwa pencegahan terhadap penyakit tidak berhenti sampai imunisasi dasar lengkap, namun harus dilengkapi dengan imunisasi lanjutan pada bayi di bawah dua tahun dan imunisasi lanjutan pada usia sekolah.

Menurutnya, kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan cakupan imunisasi sebagai perlindungan semua kelompok umur guna mencegah dan memutus transmisi penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi. 

Ade Patas, Mantan Kades yang Sukses jadi Raja UMKM Buah Nanas di Subang

Jumlah anak yang belum diimunisasi lengkap sejak 2017 hingga 2021 adalah lebih dari 1,5 juta anak. Di Jawa Barat, pada 2020 dan 2021 capaian imunisasi dasar lengkap menurun dari tahun sebelumnya dan belum mencapai target. Pada 2020, capaian imunisasi dasar lengkap Jawa Barat sebesar 87,4% dan tahun 2021 sebesar 89,9%.

“Alhamdulilah pada 2022 capaian imunisasi dasar lengkap (IDL) Jawa Barat mencapai 107,0%,” tambahnya.

Halaman Selanjutnya
img_title