Nanas Muda Bisa Picu Keguguran Pada Ibu Hamil, Benarkah?

Buah nanas
Sumber :
  • Pixabay

VIVA JabarNanas menjadi salah satu buah tropikal yang cukup digemari oleh masyarakat tanah air. Terlebih nanas muda dengan tekstur crunchy dan rasanya yang asam manis, nanas muda sering diolah menjadi rujak hingga asinan buah.

Ade Patas, Mantan Kades yang Sukses jadi Raja UMKM Buah Nanas di Subang

Namun tidak sedikit dari masyarakat takut mengonsumsi nanas muda terlebih bagi mereka yang tengah mengandung. Sebab konsumsi nanas muda disebut-sebut dapat menggugurkan kandungan. Benarkah demikian?

Spesialis Gizi Klinik, dr. Metta Satyani, Sp.GK, dalam program Hidup Sehat TvOne, angkat bicara. Dijelaskannya, sifat buah nanas yang asam yang bisa memicu kontraksi.

5 Tips Makan Sehat: Gaya Hidup yang Menyehatkan Tubuh

"Kandungan asam yang ada di nanas dapat memicu kontraksi pada pencernaan dan bisa memicu kontraksi rahim," kata dia Jumat 2 Juni 2023.

Selain itu, disebutkan juga adanya kandungan bromeline pada nanas yang dapat memicu pemecahan protein. Hal ini kata dia bisa berisiko menggugurkan janin yang ada di dalam rahim ibu.

Waduh, Atta Halilintar Sembunyikan HP Aurel Hermansyah Gara-gara Ini

Namun demikian, diungkap Metta hingga saat ini tidak ada penelitian yang mendukung teori tersebut, dan hingga saat ini tidak ada jurnal ilmiah yang menyebut mengonsumsi nanas berbahaya pada ibu hamil.

"Terkait enzim itu, jika dikonsumsi secara berlebihan  dapat melunakkan rahim sehingga memudahkan janin keluar rahim. Maka dari itu, konsumsi nanas pada ibu hamil ada baiknya dibatasi agar terhindar dari efek itu," kata Metta.

Halaman Selanjutnya
img_title