Dampak Buruk Nonton Video Syur Bagi Remaja, Bisa Alami Pubertas Dini

Ilustrasi menonton video porno.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Jabar – Maraknya video syur yang kini mudah diakses di internet memberi dampak buruk tak hanya bagi kesehatan mental, namun juga memengaruhi psikis remaja. Faktanya, tayangan dewasa ini mampu membuat anak perempuan dan laki-laki mengalami pubertas dini atau sebelum usia idealnya.

Buruan! Update Aplikasi DANA Bisa Langsung Dapat 500 Ribu Secara Gratis

Dikatakan dokter spesialis kebidanan dan kandungan konsultan fertilitas, endokrinologi & reproduksi, Dr. dr. Muharam Natadisastra, Sp. O. G, Subsp. F. E. R, bahwa pubertas dini dapat terjadi karena berbagai faktor. Salah satunya yang kerap tak disadari adalah tayangan video dewasa berbau sensual yang merangsang sistem otak anak-anak generasi muda.

"Dari stimulasi visualnya merangsang (pikirannya). (Asupan) protein yang tinggi, kebanyakan junk food, obesitas juga. Tapi sekarang di internet membuat anak (jadi) lebih besar (puber) dengan adanya konten-konten yang mematangkan perilaku seksualnya akan merangsang haid lebih cepat," tuturnya dalam acara media bersama RS Pondok Indah, di Jakarta, Senin 12 Juni 2023.

Kenalkan Ikon Penting Purwakarta Sejak Dini Lewat Sketsa Mewarnai

Dokter yang berpraktik di RS Pondok Indah IVF Centre ini menyebutkan bahwa pada dasarnya tayangan dewasa yang membuat anak mengalami menstruasi lebih dini memicu dampak kurang baik pada jangka panjang. Secara fisik, tubuhnya akan lebih tidak berkembang lantaran pertumbuhannya sudah tak lagi terjadi seperti anak-anak lain.

"Dampaknya kalau (puber) dini, biasanya penutupan tulang lebih cepat, jadi (perawakannya) pendek dia," imbuhnya.

Tips Jitu! Cara Mendapatkan Saldo DANA Gratis dengan Aplikasi ClipClaps

Mirisnya, bahaya menstruasi dini ini juga bisa berdampak pada perilaku seksual yang membuat anak berisiko pada paparan penyakit menular seksual. Terlebih, apabila anak masih minim edukasi sehingga membuatnya tak memahami dengan jelas dampak perilaku seksual pada perubahan tubuhnya saat pubertas.

"Kematangan seksual ini juga dimanfaatkan untuk perilaku seksual. Itu jadi bahaya," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
img_title