Mimpi Tikus Bisa Jadi Pertanda Buruk? Begini Kata Ustaz Khalid Basalamah

Tikus
Sumber :
  • viva.co.id

VIVa JabarTikus, hewan pengerat yang kerap mengganggu di rumah, ternyata juga dianggap buruk oleh agama Islam. Dalam agama Islam, tikus sendiri diberi istilah fuwaisiqoh. Apa artinya? 

Ustaz Khalid Basalamah Ungkap Kewajiban Anak Perempuan dalam Menafkahi Orang Tua, Apa Hukumnya?

Pendakwah Ustaz Khalid Basalamah menjelaskan, fuwaisiqoh artinya hewan yang buruk sehingga diperbolehkan untuk dibunuh.

"Bahkan dikatakan oleh Ibu Sirin Rahimahullah dalam buku beliau Takwil Mimpi, diambil dari hadis SAW, semua hewan yang boleh dibunuh dalam agama, termasuk tikus di sini, kalau seseorang mimpi melihat tikus berarti dia mimpi keburukan," jelas Ustaz Khalid dalam video yang diunggah di Youtube Al-Fadani, dikutip pada Jumat 16 Juni 2023.

Ustaz Khalid Basalamah: Menabung Tidak Mendidik Anak

"Dan Ibnu Sirin menekankan dalam banyak ashar yang shahih bahwasanya kalau laki-laki mimpi tikus, kalau dia mau menikah atau hidup dalam kehidupan sosialnya, berarti ada wanita yang buruk sedang mendekati dia," sambungnya.

Ustaz Khalid menyimpulkan, dalam Islam, tikus adalah simbol buruk, bukan simbol baik. Lalu, bagaimana jika wanita yang bermimpi tentang tikus? 

Ustaz Khalid Basalamah Tegur Orangtua yang Ajakan Anak Puasa Setengah Hari

"Kalau perempuan mimpi (tikus) dia mau nikah, kemudian dia mimpi misalnya istiqarah, dia mimpi tikus mendekati dia, apalagi menggigit bajunya, berarti laki-laki itu buruk. Begitu pemahamannya dalam Islam," tuturnya. 

Nabi Muhammad SAW bahkan memerintahkan untuk memadamkan lampu saat malam hari, agar fuwaisiqoh atau tikus tidak datang mengganggu. 

Halaman Selanjutnya
img_title