Lulusan UT Dianggap Tak Bermutu, Ini Pesan Moeldoko

KSP, Jenderal TNI (Purn) Moeldoko
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

VIVA Jabar - Stigmatisasi terhadap lulusan Universitas Terbuka (UT) yang dinilai kurang bermutu mendapat respon dari Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko yang juga sebagai Ketua Ikatan Alumni (IKA) UT Periode 2019-2024.

Hadapi Bali United, Bojan Hodak: Pemain Persib Terlihat 'Lapar'

Moeldoko mengajak seluruh stackholder akademisi di Perguruan UT termasuk mahasiswa lulusan untuk meluruskan stigma UT di mata masyarakat. Di mana selama ini UT masih dicitrakan sebagai perguruan tinggi kelas rendahan yang tidak bermutu.

“Ini sama sekali tidak benar. Kita semua harus meluruskan stigma kurang baik itu. Dan anda semua jangan merasa rendah diri,” tegas Moeldoko, di hadapan ribuan wisudawan/wati pada Wisuda Universitas Terbuka Periode II Tahun Akademik 2022/2023, di Universitas Terbukan Convention Center (UTCC), Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Selasa (11/7/2023)

Nick Kuipers: RANS Bukan Lawan Sepele, Persib Harus Tancap Gas

Moeldoko merupakan lulusan Universitas Terbuka Program Studi Ilmu Pemerintahan. Menurutnya, untuk meluruskan pandangan negatif terhadap UT, maka lulusan atau alumni harus mampu menunjukkan kiprahnya dan melakukan satu perubahan. Kuncinya, berani untuk melangkah.

Moeldoko pun mencuplik formula kepemimpinan yang Ia tuliskan pada bukunya 'M-Leadership, Berani Memimpin'. 

Pernah Bobol Gawang Barito, Henhen: Itu Masa Lalu, Persib Harus Move On

“Resepnya tiga M, Move (bergerak), Motivate (memotivasi), Make Different (membuat perbedaan),” terangnya. 

Selama ini, sambung dia, sebagian besar orang tidak berani bergerak dan melangkah untuk melakukan sesuatu, dan hanya menunggu. Padahal, sikap tersebut sangat dibutuhkan untuk membangun motivasi dan membuat perbedaan.

Halaman Selanjutnya
img_title