Hoax! Menteri Kesehatan Endorse Produk Penurun Berat Badan di Medsos

Kemenkes RI tepis hoaks endorse produk pelangsing.
Sumber :
  • Instagram

VIVA Jabar – Kementerian Kesehatan Republik Indonedia (Kemenkes RI) membantah kabar hoaks yang menyebut mereka melakukan endorse produk penurun berat badan di media sosial. Hal itu menyusul adanya berita hoax yang tersebar di Facebook yakni mencatut Kemenkes demi mempromosikan produk penurun berat badan.

5 Tips Perjalanan Mudik dengan Bayi Agar Aman dan Nyaman

Dalam unggahan di Instagram resmi @kemenkes_ri, terlihat foto tangkapan layar berita hoax dengan mencatut Kemenkes tersebut. Berita itu menggunakan foto Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin. Di atas foto Pak Menteri, terdapat keterangan promosi tentang produk penurun berat badan tersebut.

Melalui keterangan yang ditulis dalam unggahannya itu, Kemenkes RI menjelaskan bahwa berita tersebut tidak benar alias hoax. Faktanya, Kemenkes tidak pernah melakukan promosi atau endorse di media sosial.

Tips Diet Saat Puasa Agar Tetap Sehat, Ikuti 7 Cara Ini!

"#Healthies, beredar hoaks di akun media sosial facebook tentang sokongan Menteri Kesehatan terhadap suatu produk yang di klaim dapat menurunkan berat badan tanpa efek samping," demikian keterangan yang ditulis pihak Kemenkes dikutip VIVA, Minggu, 23 Juli 2023.

"Faktanya, Menteri Kesehatan maupun Kementerian Kesehatan tidak pernah mengendorse produk apapun di media sosial," tambahnya.

7 Menu Sehat Selama Puasa Ramadan, Bisa Bikin Tubuh Fit Seharian!

Pihak Kemenkes juga menghimbau kepada seluruh masyarakat agar selalu berhati-hati terhadap berita bohong atau hoax. Masyarakat dianjurkan untuk selalu mencari informasi dari sumber terpercaya.

"Healthies, hati hati dengan berita palsu! Selalu pastikan mencari informasi dari sumber yang terpercaya. Salam sehat!”