Tips Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi Agar Tidurnya Bisa Nyenyak

Ilustrasi Bayi
Sumber :
  • Pixabay

VIVA JabarHidung tersumbat pada bayi adalah kondisi yang umum terjadi dan dapat menjadi momen yang mungkin menyulitkan bagi para orang tua. Bayi tidak dapat bernapas dengan lega dengan hidung mereka sendiri, sehingga perlu perhatian ekstra untuk membantu mereka bernapas dengan nyaman. 

Kenapa HP Jadi Lemot? Ini 5 Penyebabnya yang Perlu Anda Ketahui

Terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan hidung tersumbat pada bayi, seperti pilek, alergi, infeksi virus, atau reaksi terhadap bahan-bahan tertentu di lingkungan sekitarnya. Berikut ini beberapa cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi yang dihimpun dari berbagai sumber.

1. Membersihkan Hidung Bayi

Simak Tips dan Trik untuk Dapatkan Saldo DANA Gratis, Mudah!

Untuk membersihkan hidung bayi dari lendir dapat menggunakan aspirator nasal atau semprotan garam fisiologis (isotonik) khusus untuk bayi. Hal ini dapat membantu mengurangi penyumbatan hidung dan membuatnya lebih mudah bagi bayi untuk bernapas. Pastikan untuk menggunakan alat ini dengan lembut dan hati-hati agar tidak menyakiti hidung bayi.

2. Ciptakan Lingkungan yang Lembab

Bayi Prematur di Purwakarta yang Sempat Ditolak RS Meninggal Dunia, KDM Minta Maaf

Mengatasi hidung tersumbat pada bayi juga bisa dilakukan dengan menciptakan lingkungan yang lembab, karena kelembaban dapat membantu melunakkan lendir yang menghalangi saluran hidung. Kamu bisa menggunakan humidifier di kamar bayi untuk meningkatkan kelembaban udara.

3. Posisi Tidur yang Tepat

Halaman Selanjutnya
img_title