Bakpia Kukus 'Tugu Jogja' Dicetus oleh Pasutri Ini, Kini Punya 10 Store Tersebar di Berbagai Tempat
- Screenshot berita VivaNews
VIVA Jabar - Yogyakarta memiliki segudang objek wisata. Mulai dari bangunan-bangunan heritag, wisata bahari, pesona alam dan budaya hingga destinasi kuliner yang khas.
Nah, salah satu destinasi kuliner khas Yogyakarta yang cukup populer dan favorit ialah Bakpia. Dan, rasanya ada yang kurang jika jalan-jalan ke Yogyakarta tidak membeli makanan khas Jogja yang sangat terkenal ini.
Namun seiring berjalannya waktu, makanan Bakpia telah berinovasi, bertujuan untuk mengembangkan citarasa yang akan disajikan kepada para wisatawan yang hendak membelinya.
Seperti diceritakan oleh Senior Brand Manager Bakpia Kukus Tugu Jogja, Nurul Akbar bahwa Bakpia Kukus Tugu Jogja pertama kali didirikan oleh pada tahun 2017 oleh sepasang suami istri, Anggara Kasih Nugroho Jati dan Rizka Wahyu Romadhona.
"Memang beliau tahun 2017 owner kami yaitu Anggara Kasih Nugroho Jati dan Rizka Wahyu Romadhona mereka merupakan pasangan yang saling melengkapi, pasalnya yang satu itu senang berinovasi dan yang satu senang berinovasi," ungkap Nurul Akbar dalam acara Tokopedia Memajukan UMKM Jogja, beberapa hari yang lalu.
Akbar menambahkan lebih lanjut mengenai nama di balik Bakpia Kukus Jogja. Nama ini, berawal dari gagasan mereka berdua ingin menciptakan makanan khas yang sangat berbeda dengan yang lain, sehingga memasukan nama Tugu Jogja yang menjadi ikon Yogyakarta.
Adapun General Channel Category Development Bakpia Kukus Tugu Jogja, Raden Ferdyanto menjelaskan, untuk sampai ini Bakpia tersebut sudah memiliki 10 store yang tersebar di berbagai tempat seperti bandara dan stasiun.
Bakpia Kukus Tugu Jogja telah memiliki mitra yang cukup banyak, untuk membantu mengembakan UMKMÂ di Jogjakarta.
Selain itu juga, hampir semua pegawai yang membuatnya merupakan asli orang Yogyakarta.Â
"Para pembuat bakpia di pabrik kami kebanyakan asli orang sini. Jadi kami juga ingin memberdayakan karyawan lokal, selain memajukan UMKM lokal juga," tutur Raden Ferdyanto, dalam acara Tokopedia Memajukan UMKM Jogja.Â
Tepat pada tahun 2020, Bakpia Kukus Tugu Jogja sempat menurun karena adanya Covid 19. Namun setelah bergabung dengan salah satu marketplace ternama, penjualan mereka mulai meningkat melalui pesanan online.