Menu Berbuka Puasa yang Disarankan Dokter untuk Kesehatan Selama Ramadhan

Ilustrasi Bahan & Menu Makanan, Keju Organik (Muzaraat)
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

Jabar –Dalam kolaborasi dengan Komunitas Sobat Diabet, Tropicana Slim memanfaatkan momen Ramadhan untuk edukasi kesehatan tentang pencegahan dan penanganan diabetes selama puasa, bersama dr. Rudy Kurniawan, Sp.PD, MM, MARS, DipTH, DCD, FRSPH, pendiri Komunitas Sobat Diabet.

Tips Diet Saat Puasa Agar Tetap Sehat, Ikuti 7 Cara Ini!

Pada acara puncak #BeatDiabetes2024 yang berlangsung di Jakarta Pusat, dr. Rudy Kurniawan menyampaikan, "Ibadah puasa tidak hanya mendapatkan pahala saja namun juga memberikan manfaat positif untuk kesehatan. Agar manfaat kesehatan puasa tetap terjaga, tentu harus memperhatikan pola makan sehat."

Ia menambahkan, "Tidak hanya menuai pahala, namun ibadah puasa juga dapat memberikan manfaat positif bagi kesehatan. Namun, agar manfaat kesehatan dari puasa tetap terjaga dan semakin optimal, kita perlu memperhatikan pola makan sehat dengan memilih makanan dan minuman yang kaya nutrisi dan bervariasi untuk menu sahur dan berbuka puasa, serta tetap mempertahankan pola makan sehat ini setelah bulan puasa berakhir."

Resep Kolak Pisang Campur Ubi, Manis Nikmat untuk Buka Puasa

Dr. Rudy juga menekankan pentingnya menjaga pola makan sehat tidak hanya selama Ramadhan, tetapi juga setelahnya, "Jangan sampai perbaikan kondisi kesehatan tersebut hanya bersifat sementara karena pola makan dan gaya hidup yang kembali berubah," imbuhnya.

Noviana Halim, Brand Manager Tropicana Slim, mengungkapkan bahwa masyarakat Indonesia masih terbiasa dengan takjil yang tinggi kandungan gulanya. Tropicana Slim hadir sebagai solusi bagi mereka yang ingin menikmati rasa manis tanpa khawatir kelebihan asupan gula.

Arti Gempa di Bulan Ramadhan Menurut Primbon Jawa, Ternyata...

Dr. Rudy menyarankan menu berbuka puasa yang ringan namun bergizi, "Contoh opsi menu berbuka puasa yang disarankan, antara lain air putih, susu; buah dan sayur; menu sup dengan kacang-kacangan atau kaldu. Secara keseluruhan, juga tetap perlu mempertimbangkan porsi makan dan juga kandungan gula agar tidak berlebihan dan meningkatkan kadar gula darah secara signifikan."

Untuk penderita diabetes, beliau menyarankan, "Bagi diabetesi, menjaga kadar gula darah dalam kisaran normal selama berpuasa sangat penting agar diabetesi bisa berpuasa tanpa gangguan dan untuk mencegah berbagai macam komplikasi kesehatan."