Bak Film Sinetron Indosiar, Kisah Bayi Tertukar Selama 1 Tahun Lamanya di Bogor

Rusdy Ridho Pengacara Dari Siti Mauliah
Sumber :
  • Viva.co.id

VIVA Jabar - Kasus yang hampir mirip di film-film sinetron Indosiar rupanya terjadi di Bogor. Seorang ibu bernama siti Mauliah mendatangi Polres Bogor demi melaporkan kasus bayinya yang tertukar pada saat itu.

Minim Sosialisasi, Warga Subang Tak Tahu Kapan Pilkada 2024

Bersama kuasa hukumnya, Rusdy Ridho, ia memilih melaporkan kasus bayinya yang tertukar saat persalinan di RS Sentosa setahun lalu ke Kepolisian Resor Bogor, Jumat 11 Agustus 2023.

Setelah terbukti hasil DNA bayi yang dirawatnya bukan anaknya, mediasi pun dilakukan rumah sakit namun pasien berinisial B yang diduga bayinya tertukar dengan Siti menolak melakukan tes DNA.

Azis Muslih, Alumni UPI yang Bangun Mal di Subang

"Yang dipegang kilen kami ini bayi orang lain. Yang punya si ibu enggak tahu ada di mana sekarang ini. Jadi kita minta ke rumah sakit untuk bertanggung jawab, mencoba menghadirkan pihak yang satu lagi, namun pihak satu lagi nggak mau tes DNA. Akhirnya kita buat aduan ke Polres Bogor unit PPA untuk minta penyelesaian dari kepolisian," kata Rusdy.

Rusdy mengungkapkan, telah melakukan mediasi pasien berinisial B yang membawa bayi ibu Siti berjenis kelamin laki-laki. Namun pihak pasien yang membawa bayi ibu Siti menolak untuk tes DNA.

493 Siswa Unjuk Kemampuan di LKS SMK Tingkat Jabar

"Sudah, rumah sakit sudah melakukan mediasi, tapi kan masih praduga, karena yang baru tes DNA baru pihak klien saya aja. Hasilnya betul bukan anak dia, kalau pihak satu lagi belum tes DNA. Intinya, bayi yang satu lagi kita belum tahu ada di mana. Kalau klien kami sudah jelas itu bukan bayi dia," jelasnya.

Lanjut Rusdy, sejak awal pihak RS memberitahukan dan membenarkan terjadi ada bayi tertukar. Namun diduga ada kelalaian perawat sehingga mengakibatkan bayinya tertukar hingga baru ditangani satu tahun lamanya.

Halaman Selanjutnya
img_title