Wacana Usulan Kebijakan Baru terkait Pergi Haji dari Menko PMK, Muhadjir Effendy

Jamaah Haji menanti waktu wukuf di tenda Arafah
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

VIVA Jabar Muhadjir Effendy, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, mengusulkan pembahasan mengenai larangan bagi masyarakat untuk melakukan lebih dari satu kali perjalanan haji sebagai upaya untuk mengurangi antrean yang panjang.

1.180 Calhaj Asal Subang Segera Berangkat, Kemenag Distribusikan Koper Jamaah

"Semakin banyak yang lansia karena antrean yang panjang," ujar Menko PMK Muhadjir Effendy dalam keterangannya di Jakarta, Jumat, 25 Agustus 2023.

Berdasarkan data penyelenggaraan haji 2023 menunjukkan sebanyak 43,78 persen jemaah dari 22.900 peserta haji berusia lebih dari 60 tahun. Sedangkan jemaah haji Indonesia yang meninggal mencapai 774 orang atau 3,38 persen dengan mayoritas berumur lansia.

781 Calon Jemaah Haji Asal Purwakarta 2024 Jalani Bimbingan Manasik Haji

Dari data tersebut, peserta haji lansia mempunyai risiko 7,1 kali lebih besar meninggal dunia dibandingkan jemaah haji bukan lansia.

Penyakit penyebab kematian terbanyak adalah sepsis (infeksi yang menimbulkan kegagalan organ), syok kardiogenik (ketidakmampuan jantung memompa darah), serta penyakit jantung koroner.

BPKH Limited Gandeng Pos Indonesia Garap Ekosistem Haji dan Umrah

Muhadjir Effendy

Photo :
  • viva.co.id

Menko Muhadjir menilai kewajiban haji bagi yang mampu hanya satu kali, sementara kesempatan selanjutnya harus diberikan kepada masyarakat yang belum menunaikan ibadah haji.

Halaman Selanjutnya
img_title