Viral! Video Sujud Syukur Santri Al-Zaytun Lepas dari Ruang Bawah Tanah? Benarkah?

Masjid Rahmatan Lil Alamin di Ponpes Al Zaytun
Sumber :
  • Twitter

VIVA Jabar Media sosial kembali dihebohkan dengan munculnya sebuah video yang menunjukkan ratusan santri Al Zaytun yang dikurung oleh Panji Gumilang. Dalam keterangan yang menyertai video tersebut, dijelaskan bahwa ratusan santri berhasil diselamatkan dari penahanan di ruang bawah tanah yang dioperasikan oleh Panji Gumilang, tokoh sentral di pondok pesantren Ma'had Al Zaytun. Dalam operasi penyelamatan tersebut, polisi berhasil membuka pintu rahasia dengan menggunakan alat berat.

Tips Jitu! Cara Mendapatkan Saldo DANA Gratis dengan Aplikasi ClipClaps

Kapolres Indramayu, AKBP M Fahri Siregar melalui Kasi Humas Polres Indramayu, Ipda Tasim menegaskan bahwa video itu hoaks.

"Ini video hoaks," ujar dia saat dikonfirmasi, Minggu, 27 Agustus 2023.

Melihat Tradisi Penyapu Koin Bertaruh Nyawa di Pantura Indramayu

Video itu diunggah oleh akun Snack Video @Kiboy45. Konten video tersebut diketahui beredar di jejaring pendem (Snack Video) dengan judul "Sujud Syukur Ratusan Santri yang Selamat Dari Sekapan Panji Gumilang di Ruang Bawah Tanah".

Selain video tersebut, akun ini juga banyak membagikan kabar hoaks lainnya seputar Al Zaytun Indramayu. Ipda Tasim menyampaikan, konten penyelamatan ratusan santri dari sekapan Panji Gumilang di ruang bawah tanah tidak benar. Tidak diketahui secara pasti potongan foto ratusan orang diduga santri melakukan sujud syukur dengan potret polisi bersenjata lengkap di belakangnya.

Cara Download Video YouTube via SaveFrom.net Terbaru 2024, Mudah dan Aman!

Namun, Ipda Tasim memastikan latar foto itu bukanlah berada di Ponpes Al Zaytun Indramayu. Ipda Tasim dalam hal ini mengimbau kepada masyarakat untuk bisa menyaring informasi hoaks yang banyak beredar. Hal ini sekaligus untuk menekan beredarnya berita hoaks.

"Mari sama-sama kita menangkal hoaks atau berita bohong," ujar dia.