Nama Cak Imin Mencuat di Kasus Kemenaker, KPK: "Murni Soal Hukum Bukan Mengikuti Dinamika Politik"

Ketua PKB Muhaimin Iskandar Alias Cak Imin
Sumber :
  • Viva.co.id

VIVA Jabar - Ali Fikri, Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), membantah bahwa penanganan kasus dugaan korupsi di Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) pada tahun 2012 terkait dengan dinamika politik di Indonesia.

Tidak Ada Konvensi, Golkar Subang Putuskan Dua Nama Bakal Calon Bupati Subang

Ali menegaskan bahwa penanganan kasus tersebut tidak ada hubungannya dengan deklarasi pasangan calon presiden-wakil presiden Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin).

"Perlu dipahami, jauh sebelum (deklarasi Anies-Cak Imin) itu kami sudah lakukan proses penanganan perkara tersebut," kata Ali Fikri kepada awak media, Minggu, 3 September 2023.

Dibiayai Sponsor, Paslon Bupati Bisa Keluarkan Dana Rp25-30 Miliar Saat Pilkada

Ali menekankan, penanganan perkara yang diusut pihaknya, yang terjadi di Kemenaker dilakukan jauh sebelum dinamika politik akhir-akhir ini. Bahkan, tim penyidik telah melakukan upaya paksa berupa penggeledahan di Kantor Kemenaker beberapa waktu lalu.

Deklarasi Anies-Cak Imin di Hotel Majapahit, Surabaya

Photo :
  • Viva.co.id
Belajar dari Pengalaman, Luhut Sampaikan Pesan untuk Prabowo

"Jauh sebelum hiruk-pikuk persoalan (politik) tersebut, kami pun sudah lakukan kegiatan penggeledahan beberapa waktu lalu sebagai bagian proses penegakan hukumnya," ujarnya.

Karena itu Ali berharap, tidak ada pihak-pihak yang mengaitkan proses penegakan hukum dengan isu politik. Dia memastikan, seluruh proses penyidikan perkara dugaan korupsi di Kemenaker dapat diikuti oleh masyarakat dan disampaikan seluruhnya secara transparan.

Halaman Selanjutnya
img_title