Ngaku Bisa Luluskan Akpol di Wilayah Papua, Nenek ini Tipu Warga Rp 1 Miliar

Nenek Makassar Tipu Warga Rp 1 Miliar
Sumber :
  • Viva.co.id

VIVA Jabar - Seorang nenek tua bernama Farida Candra Sari ditangkap kepolisian di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Ia ditangkap polisi lantaran terindikasi melakukan tindak pidana penipuan. 

Dibantai Filipina 6-1, Begini Kata Pelatih Timnas Indonesia U-17 Wanita

Kasat Resmob Polda Sulsel Kompol Dharma Negara mengatakan, Farida melakukan tindak penipuan dan penggelapan terhadap warga inisial LT. Dia menipu korbannya dengan modus menjanjikan lulus Akademi Polisi (Akpol) di wilayah Papua.

"Pelaku Farida diamankan karena telah melakukan penipuan dan penggelapan dengan modus menjanjikan lulus Akpol," kata Kompol Dharma dalam keterangannya kepada VIVA, Minggu 3 September 2023.

KDM Ungkap Penjual Eksimer Berkedok Jual Minuman Kekinian, Warga Geram Langsung Robohkan Kios

Penangkapan Lansia Penipu di Makassar

Photo :
  • Viva.co.id

Dia menjelaskan, kasus penipuan itu bermula saat pelaku memperkenalkan korban dengan seorang saksi bernama Kristianus Pali Bandong dengan tujuan untuk mendaftarkan anaknya masuk Akpol. Kemudian, pelaku melontarkan janji kepada korban akan menjamin anaknya masuk Akpol asalkan membayar sejumlah uang.

Garut Diguncang Gempa M 6,5, Sebabkan Rumah Warga hingga Rumah Sakit Rusak

"Bermula sejak November tahun 2017 lalu. Saat itu pelapor dikenalkan dengan terlapor oleh saksi Kristianus Pali Bandong untuk mendaftarkan anak pelapor masuk Akpol. Kemudian terlapor berjanji akan meluluskan anak pelapor masuk polisi dengan meminta sejumlah uang," ungkap Dharma.

Adapun sejumlah uang yang diminta, kata Dharma, totalnya yang dikirimkan mencapai Rp 1.035.000.000 atau Rp 1 miliar. Uang itu, kata Dharma diberikan secara bertahap sebanyak tiga kali, namun sampai saat ini pelaku tak kunjung menepati janjinya. Anak korban yang mendaftar Akpol gugur pada saat tes.

Halaman Selanjutnya
img_title