Heboh! Bupati Tanah Laut Tolak Cak Imin Buka Acara MTQ, Hingga Menolak untuk Bertemu

Bupati Tanah Laut, Sukamta
Sumber :
  • Viva.co.id

VIVA Jabar - Beberapa hari yang lalu publik tanah air dihebohkan dengan penolakan Bupati Tanah Laut terhadap Ketua Umum PKB Cak Imin untuk membuka acara MTQ Nasional dan Internasioanan di Kabupaten tersebut.

Kang Jimmy Ramaikan Bursa Calon di Pilkada Karawang 2024, Daftar Lewat PKB

Kemudian muncul spekulasi-spekulasi liar dari publik, pasalnya penolakan tersebut berbau politis. Karena beberapa hari yang lalu Cak Imin telah dideklarasikan menjadi pasangan Capres Anies Baswedan. Bupaati pun membantah tuduhan tersebut.

"Enggak ada yang begitu-begitu (ancam-mengancam). Tempat saya aman, enggak ada yang ancam-ancam," kata Sukamta dalam perbincangan di tvOne, Rabu malam, 6 September 2023.

Lima Bakal Calon Bupati Subang Berebut Tiket di PKB

Sukamta menjelaskan duduk perkara kenapa dirinya menolak Cak Imin membuka acara MTQ di Tanah Laut. Menurutnya, agenda MTQ Nasional-Internasional ini semula adalah kegiatan 'Gema Al Quran' yang diselenggarakan setiap tahun oleh Pemkab Tanah Laut yang dibiayai dengan APBD. 

Kemudian berubah menjadi agenda Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) International, setelah berkolaborasi dengan Jam’iyatul Qurra’ wal Huffazh Nahdlatul Ulama (JQHNU) pimpinan KH Syaifullah Ma'sum yang kebetulan sama-sama memiliki agenda nasional dan internasional para pembaca dan penghafal Alquran

Pemilu Usai, Anies Baswedan akan Lakukan Ini

Singkat cerita, acara tersebut akhirnya digelar di Tanah Laut pada 5 September 2023, dengan anggaran dari APBD Kabupaten Tanah Laut. Awalnya, berdasarkan koordinasi dengan JQHNU, acara tersebut rencananya akan dibuka Wakil Presiden KH Maruf Amin.

"Kalau Pak Wapres enggak bisa Pak Menteri Agama. Oke saya setuju kalau begitu," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title