Bersama Baitul Maal PLN, Pupuk Kujang Bantu Petani Penggarap Melalui Program Makmur

Program Makmur Pupuk Kujang
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Jabar – Menteri BUMN Erick Thohir telah menginisiasi Program Makmur untuk membantu dan memberdayakan masyarakat. Kini program tersebut terus menyasar para petani dan dapat dirasakan langsung oleh petani penggarap.

Shin Tae-yong Tak Khawatirkan Target Tinggi dari PSSI

Seperti diketahui, yang dimaksud petani penggarap adalah petani yang tidak punya lahan. Mereka hanya bermodal cangkul dan tenaga yang bekerja menggarap lahan milik orang lain. Pendapatan mereka berupa bagi hasil dengan pemilik lahan saat panen tiba.

Beragam kendala kerap mereka hadapi saat bertani, mulai dari minimnya modal tanam, sarana produksi pertanian yang terbatas, hingga jeratan lintah darat dan aksi para tengkulak. Berbagai kendala itu membuat penggarap tak menikmati keuntungan panen secara maksimal.

Akan Temui Erick Thohir, Shin Tae-yong Singgung soal Kontrak dan Target

Pola masalah yang dialami petani penggarap itu umum ditemui di berbagai wilayah termasuk para petani di Desa Jebed Selatan, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

Koordinator Program Makmur Pupuk Kujang, Saiful Rohdian mengatakan pihaknya memutuskan untuk membantu para petani tersebut dalam mengatasi berbagai persoalan.

Serius! PSSI akan Kerjasama dengan Polisi, Ada Apa?

Program Makmur Pupuk Kujang

Photo :
  • Istimewa

“Melihat berbagai kendala petani penggarap itu, kita putuskan untuk bergerak membantu para petani tersebut,” ujar Saiful Rohdian pada Senin, 11 September 2023. 

Halaman Selanjutnya
img_title